Home / Beranda / 21 Peserta Ikuti Festival Tangkai Lagu Melayu

21 Peserta Ikuti Festival Tangkai Lagu Melayu

Gambar : Satu diantara peserta Lomba Tangkai Lagu Melayu sedang menyanyikan lagu-lagu melayu.
Salah satu peserta Lomba Tangkai Lagu Melayu sedang menyanyikan lagu Melayu.

Oleh Mariyadi

MABMonline.org, Sambas—21 peserta Putra dan Putri perwakilan Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) kabupaten dan kota di Kalbar mengikuti lomba Tangkai Lagu Melayu dalam rangkaian acara Festival Seni Budaya Melayu (FSBM) ke-IX yang diadakan di Jl. Pembangunan Sambas, tepatnya di depan Kantor Bupati Sambas, Ahad, 25 Agustus.

“Acara dimulai dari pukul 14.30 sampai dengan pukul 22.30 malam,” ungkap Isra Ridwan, Wakil Kesekretariatan Panitia.

Menurut Ridwan, acara dimulai pukul 14.30. Pada sore hari itu adalah lomba tangkai Lagu Melayu untuk Putra dan Untuk lomba tangkai Lagu Melayu Putri, dimulai pukul 20.00 dan diakhiri pukul 22.30.

“11 orang peserta putra dan 10 orang peserta putri,” ungkap Amri Jafar, Koordinator Acara Lomba Tangkai Lagu Melayu.

Menurut Amri, dari 14 kabupaten di Kalimantan Barat, tiga kabupaten kota tidak mengirim peserta dalam lomba ini. Tiga kabupaten kota tersebut adalah MABM Kabupaten Kayong Utara, MABM Kabupaten Sekadau, dan MABM Kabupaten Bengkayang. “Jumlah awal dari peserta sebenarnya adalah 22 orang. Karena satu diantara peserta putri dari Kubupaten Kubu Raya sakit, jadi ia di diskualifikasi,” tambah Amri.

“Acara ditutup langsung dengan pengumuman pemenang dan pembagian Tropi,” tambah Amri.
Adapun pemenang dalam lomba Tangkai Lagu Melayu tersebut adalah :

Juara 1 Putra dimenangkan oleh peserta  dari Kabupaten Kapuas Hulu; Juara 1 Putri dimenangkan oleh peserta dari Pontianak.

Juara 2 Putra dimenangkan oleh peserta  dari Kabupaten Ketapang; Juara 2 Putri dimenangkan oleh peserta dari Pontianak.

Juara 3 Putra dimenangkan oleh peserta  dari Kabupaten Sambas; Juara 3 Putri dimenangkan oleh peserta dari Kabupaten Ketapang.

Juara 4 Putra dimenangkan oleh peserta  dari Kabupaten Sintang; Juara 4 Putri dimenangkan oleh peserta dari Kabupaten Sintang

Juara 5 Putra dimenangkan oleh peserta  dari Kota Pontianak; Juara 5 Putri dimenangkan oleh peserta dari Kota Singkawang

Juara 6 Putra dimenangkan oleh peserta  dari Kabupaten Landak; Juara 6 Putri dimenangkan oleh peserta dari Kabupaten Kapuas Hulu

Acara berjalan lancar, seluruh peserta bersaing ketat menyenandungkan lagu-lagu Melayu yang telah ditetapkan oleh panitia dan lagu pilihan mereka sendiri. Hanya sedikit hambatan ketika aliran listrik dari PLN terputus. Namun, setelah tujuh menit terputus, listrik kembali menyala dan acara pun dapat dilanjutkan.

Check Also

Sultan Hamid II, Sang Perancang Lambang Negara yang Terlupakan

Oleh: Nur Iskandar Tepat di hari Kartini, (21/4), Seminar Nasional Meluruskan Sejarah Sultan Hamid Sebagai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *