Home / FSBM IX / 5 Kabupaten/Kota Tampilkan Bunga Silat

5 Kabupaten/Kota Tampilkan Bunga Silat

Satu diantara perlawakilan MABM kota/kabupaten sedang menampilakan bunga silat mereka.
Satu diantara perlawakilan MABM kota/kabupaten sedang menampilakan bunga silat mereka.

Oleh Mariyadi

MABMonline.org, Sambas—Lomba Tangkai Bunga Silat sebagai rangkaian acara Festival Seni dan Budaya Melayu (FSBM) ke-IV di Jl. Pembangunan tepatnya di depan kantor Bupati Sambas, di ikuti oleh 5 perwakilan masing-masing Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) kota/kabupaten. Masing-masing mereka membawakan Bunga Silat melalui  dongeng atau Lagenda daerah mereka masing-masing. Kamis sore (29/8).

Peserta  dan judul yang mereka bawakan adalah : MABM Kabupaten Sambas membawakan Lagenda Antar Jong, MABM Kabupaten Sintang mebawakan tema Buka Palang Pintu, MABM Kota Singkawang mebawakan tema Mengantar Calon Pengantin Laki-laki, MABM Kota Pontianak dengan tema Pernikahan Berdarah, dan MABM Kabupaten Melawi membawakan sebuah lagenda dari Melawi. “Peserta harus membawakan musik dan pakaian melayu dalam lomba ini.” Ungkap Humanto satu diantara panitia acara.

“Ada beberapa Hal yang kami nilai dari peserta. Terutama Gerak Gaya Silat.” Ungkap Uray Sanja Budi Kumar, ketua dewan juri.

Menurut uray, beberapa hal yang menjadi penilaian pihak Juri. Hal-hal tersebut meliputi gerak gaya silat, keserasian musik dengan gerak silat, bloking, penguasaan pentas, dan penampilan. “Sebenarnya setiap masing-masing anggota peserta memunyai masing-masing Mix. Agar dialog dapat jelas di dengar juri.

“Kami yakin Menang kali ini,” ungkap Abdir Ridho, satu diantara perwakilan dari MABM Kota Singkawang.

Menurut Ridho, mereka berharap setelah tampil nanti, mereka dapat memenangkan lomba. karena baru kali ini mereka menjadi peserta lomba tersebut. Lewat Festifal ini juga, ia berharap adat budaya dari Singkawang atau seluruhnya dapat dikenal oleh masyarakat banyak.

 

Check Also

Sigondah: Meriam Dahsyat Peninggalan Kerajaan Mempawah

Oleh Kinanti Wulandari Hijau dan damai, kata yang dapat mewakili suasana di tempat ini. Suara burung-burung …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *