Home / FSBM IX / 6 Kelompok Tangkai Vokal Grup Siap Berikan yang Terbaik

6 Kelompok Tangkai Vokal Grup Siap Berikan yang Terbaik

Grup dari Kota Pontianak sedang mempersembahkan penampilan mereka.
Grup dari Kota Pontianak sedang mempersembahkan penampilan mereka.

Oleh Mariyadi

MABMonline.org, Sambas—6 kelompok Vokal Grup perwakilan dari masing-masing kabupaten/kota di Kalimantan Barat siap memberikan yang terbaik saat mengikuti Lomba Tangkai Vokal Grup dalam rangkaian acara Festival Seni dan Budaya Melayu (FSBM) ke-IX di Jl. Pembangunan, tepatnya di depan kantor bupati Sambas, Senin malam, (26/08). “Lomba ini diikuti oleh 6 kelompok dari 6 kabupaten/kota di Kalimantan Barat,” ungkap Mustafa, MC acara Vokal Grup dan salah satu pengurus MABM Kabupaten Sambas.

Mustafa menerangkan, dalam lomba Vokal Grup ini, peserta dibatasi maksimal 10 orang. Panitia telah menyiapkan lagu Cik-Cik Periok sebagai lagu wajib untuk peserta sedangkan untuk lagu pilihan, tergantung dengan lagu daerah tempat peserta berdomisili.

Lagu-lagu  pilihan yang dibawakan peserta saat lomba adalah: Kabupaten Sintang membawakan lagu  Dara Muning, Kota Singkawang membawakan lagu Mencari Ikan, Kabupaten Kapuas Hulu membawakan lagu Ngawai Kerupuk Basah, Kota Pontianak membawakan lagu Aek Kapuas, dan Kabupaten Bengkayang membawakan lagu Sungai Raye Pesisir. “Alhamdulillah untuk sementara acara berjalan sukses aman, lancar dan sangat meriah,” ungkap Mustafa.

Menurut Tok Malik, satu di antara penonton, acara seperti inilah yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Selain sebagai pelestarian, ajang seperti ini juga sebagai ajang silaturahmi. “Saya datang jauh-jauh dari Pontianak hanya untuk menonton acara-acara budaya Melayu seperti ini,” tambak Malik.

“Kami optimis akan mendapat juara umum,” ungkap Tofan, satu di antara peserta Lomba dari Kota Pontianak. Menurut Topan, mereka akan berusaha untuk menampilkan yang terbaik. Agar penonton, juri, panitia dan seluruh pihak yang terlibat bisa merasa puas dengan penampilan mereka.

6 kelompok peserta berlomba membawakan lagu-lagu Melayu. Namun, tidak semua kabupaten/kota ikut berpartisipasi dalam lomba berskala Provinsi tersebut.

Check Also

Pontianak Kembali Unggul di Tangkai Lagu Melayu

mabmoline.org-Setelah unggul di tangakai merias pengantin dan silat, kontingen dari Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *