Home / Beranda / Air Laut Naik, Beberapa Rumah di Paloh Terancam Diterjang Gelombang

Air Laut Naik, Beberapa Rumah di Paloh Terancam Diterjang Gelombang

Air laut masuk lahan pertanian masyarakat Foto: Madjidi Youdhiey
Air laut masuk lahan pertanian masyarakat Foto: Madjidi Youdhiey

Oleh Mariyadi

mabmonline.org, Sambas—Tingginya debit air membuat daerah Tanah Hitam dan Matang Danau Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas sempat terpendam air asin. Dua daerah tersebut juga terancam diterjang ombak.

“Orang-orang tepi sungai sekarang sudah waspada. Takut air makin tinggi menerjang rumah-rumah,” ungkap Nabu (26), warga Dusun Tanah Hitam, saat dihubungi via telepon.

Hal tersebut membuat warga yang tinggal di daerah bibir pantai saat ini mulai waspada. Takutnya, air semakin tinggi dan gelombang pasang menghantam rumah-rumah yang ada di pesisir pantai.

Menurut Nabu, air pasang telah masuk 3 hari ini. Awalnya, pasang tidak terlalu tinggi. Namun, dari hari ke hari, debit air semakin bertambah hingga saat ini sampai ke jalan raya. Tidak hanya itu, air asin juga masuk perkampungan. “Padi pun terendam air asin,” tambah Nabu.

Tidak hanya sampai ke rumah, air asin juga merendam beberapa beberapa lahan pertanian warga. Hal tersebut sontak membuat warga yang padinya terendam cepat-cepat melakukan panen sebelum air semakin tinggi, ditambah lagi hujan dengan intensitas yang tinggi saat ini.

“Untung sudah masak padinya. Jadi orang cepat-cepat panen. Apalagi ditambah hujan deras ini,” pungkas Nabu.

Check Also

Memilih Peserta dengan Baik, Kunci Pontianak Juarai FSBM XII

mabmoline.org, sekadau—Festival Seni Budaya Melayu (FSBM) XII telah resmi ditutup pada Sabtu (10/11) di Kabupaten …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *