Home / Kuliner / Apam Pinang Seruni Siap Manjakan Lidah

Apam Pinang Seruni Siap Manjakan Lidah

Penulis: Fitriyana

Keanekaragaman makanan menjadikan Pontianak sebagai surga kuliner. Salah satunya berada di jalan Panglima Aim (Seruni). Ketika memasuki jalan ini, mata akan disambut dengan deretan gerobak yang menjual Apam pinang. Salah satu gerobak penjual Apam pinang Seruni dijajakan pada malam hari. Nama makanan ini bervariasi dari satu tempat ke tempat lain. Khusus di Pontianak, makanan ini dinamakan Apam pinang.

“Sudah sepuluh tahun saya berjualan di sini dan dibantu oleh keponakan dan anak saya,” ujar Sukirman (51), salah satu pedagang Apam pinang, saat diwawancarai, Jum’at (01/03) malam, di jalan Panglima Aim. “Apam pinang berbahan dasar tepung terigu, soda kue, telur ayam, santan, air, dan ragi,” ucapnya. “Kami berjualan setiap hari mulai pukul 17.00 sampai 23.00 WIB, paling ramai kalau Sabtu dan Minggu malam,” tambah Dayat (26) yang ikut membantu pamannya berjualan.

Berdasarkan daftar menu yang dipajang, cita rasa Apam pinang kini semakin bervariasi; ada rasa keju, ketan hitam, coklat, serikaya, coklat keju, kacang, selai setoberi, dan selai bluberi. Mala (19), salah satu pembeli Apam pinang, mengaku setiap dua minggu sekali membeli Apam pinang buatan Sukirman. “Saya lebih suka beli di sini karena rasa Apam pinangnya lebih gurih, padat garing dan empuk di bagian dalamnya, selain itu harganya juga murah,” ungkapnya. “Saya suka rasa kacang dan ketan hitam,” ujar Mala sembari melemparkan senyuman.

Check Also

Pasar Hongkong Masih Jadi Ikon Singkawang

Oleh Sabhan Rasyid Salah satu pemandangan sudut “Pasar Hongkong” di waktu malam MABMonline.org, Singkawang— Sebagai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *