Home / Beranda / Berbagi Kiat Sukses di Rakernas HIPMI

Berbagi Kiat Sukses di Rakernas HIPMI

Oleh Sabhan Rasyid

Pontianak, Rakernas Hipmi yang mengusung tema “Menjaga Soliditas dan Mewujudkan Optimisme Nasional dalam Menghadapi ASEAN Economic Community 2015” resmi ditutup Selasa (11/6). Rakernas yang dimulai tanggal 9 Juni ini dilaksanakan di Hotel Aston Pontianak.

Kegiatan pada hari terakhir ini terdiri dari dua kegiatan yaitu forbis (forum bisnis) 1 yang digelar pagi dan forbis 2 pada siang hari. Pelaksanaan forbis 1 menghadirkan tiga pembicara yang juga pengusaha muda sukses di Indonesia: Raja Sapta Oktohari (Ketum DPP Hipmi), Sandiaga Uno (Ketum DPP Hipmi 2006/2009), dan Ketua Hippi (Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia).

Okto, nama panggilan Raja Sapta Oktohari mengungkapkan bahwa optimisme dari setiap pemuda Indonesia dalam berbisnis akan menjadi faktor utama sebuah kesuksesan. Selain optimisme, sikap ingin bersatu juga dapat menjadi faktor yang paling penting. “Sering kali  kita kalah karena tercerai berai,” ungkap Okto.

Okto yang juga berasal dari Kalbar mengungkapkan bahwa Kalbar merupakan lahan strategis dan merupakan contoh real  dalam usaha menghadapi AEC 2015. “Kalbar contoh real AEC 2015 karena berbatasan dengan negara-negara maju dan sangat strategis,” tambah Okto dalam sesi forbis 1.

Forbis 1 dipungkasi orasi bisnis dari Hary Tanoesoedibjo yang menceritakan tips-tips untuk menjadi pengusaha muda yang sukses. Hary mengungkapkan bahwa ada beberapa hal yang harus dimiliki oleh pengusaha agar  bisa sukses, yaitu kualitas, speed, introspeksi, bergaul dengan lingkungan yang tepat, dan rendah hati.

Setelah break siang, acara dilanjutkan dengan forbis 2 yang menghadirkan beberapa pejabat, seperti Menteri Pertanian, Menteri Kehutanan, Gubernur Kalimantan Barat, Wakapolri, dan Osman Sapta Odang (Pendiri Hipmi Kalbar).

Acara yang berlangsung hingga sore tersebut akhirnya ditutup secara resmi oleh Menko Perekonomian, Hatta Rajasa.

Check Also

Cornelis Harap Kafilah Kalbar Catat Prestasi di Tingkat Nasional

Tepat pukul delapan, Bupati Kubu Raya menyampaikan sambutannya. Samar-samar, Rusman Ali mengucapkan terima kasih atas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *