Home / Jurnalisme Warga / Bubur Pedas, Rajanya Bubur di Kalimantan Barat

Bubur Pedas, Rajanya Bubur di Kalimantan Barat

Oleh Zainal Abidin

bubur_pedas_kalbar
MABMonline.org,
Pontianak – Jika kita mendengar kata Bubur Pedas, tentu yang ada dalam pikiran kita adalah bubur yang rasanya pedas. Tapi tunggu dulu! Lupakan soal nama Bubur Pedas tersebut karena yang akan ditemui adalah bubur yang dibuat dari beraneka macam sayur tradisional, dari Pakis yang diambil daun dan pucuknya, daun lengkuas, daun kencur, rempah, dan bahan lainnya. Demikianlah yang diungkapkan oleh Kak Ina, salah seorang penjual bubur pedas saat dijumpai di kedainya, Senin (1/4/2013).

Bubur pedas ini merupakan satu di antara makanan khas yang sangat mengesankan di Kalimantan Barat. Pernyataan tersebut dirasa tidak berlebihan karena berdasarkan penuturan Kak Ina, bubur ini merupakan santapan tradisional para raja di zaman kerajaan dulu dan kini bubur pedas telah menjelma menjadi salah satu kuliner yang sangat populer. “Asalnya bubur ini adalah dari Sambas, sekarang sudah banyak dijumpai di kota atau kabupaten lain di Kalimantan Barat,” ungkap Kak Ina.

Lebih jauh, Kak Ina menyatakan bahwa Bubur Pedas ini selain menjadi salah satu menu andalan di warung milik orang Melayu, bubur pedas pun mudah ditemui di tempat orang berjualan, tidak hanya pada bulan Ramadhan. Bahkan dalam acara-acara kantor atau acara hajatan pun sering kali menghidangkan bubur pedas sebagai sajiannya.

Selanjutnya, salah seorang pengunjung yang sekaligus langganan Kak Ina, Anton mengungkapkan kecintaannya terhadap Bubur Pedas dan berharap makanan yang istimewa ini dapat kita lestarikan dan sukai bersama-sama. “Bubur pedas ini sangat kaya akan gizi. Berbahan dasar beras yang telah dihaluskan dan disangrai, serta kelapa parut yang telah disangrai, kaldu daging, berbagai macam sayuran, termasuk daun kesum dan rempah-rempah menghasilkan citarasa yang luar biasa unik. Sangat gurih dan lezat, tentunya lebih enak disantap saat masih hangat,” ungkap pria berkacamata ini dengan bersemangat. “Pelengkap nikmat untuk bubur pedas adalah ikan teri goreng, kacang tanah goreng, jeruk sambal, dan kecap manis,” tambahnya lagi.

Check Also

Antusias Perempuan Melayu Mengikuti Ekshibisi Masakan Melayu

mabmonline.org , Sekadau – Ekshibisi masakan melayu diikuti perempuan melayu dari delapan MABM kabupaten di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *