Home / Beranda / Bujang Dare Terpilih Siap dengan Visi Misi-nya

Bujang Dare Terpilih Siap dengan Visi Misi-nya

mabmonline.org-Setelah dua hari menjalani serangkaian tes dan pertunjukkan, akhirnya Bujang Dare Melayu pada Festival Seni Budaya Melau (FSBM) pun terpilih. Hasil akhir dari tangkai tersebut mengukuhkan perwakilan kontingen Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) Kabupaten Kayong Utara sebagai Bujang Melayu dan perwakilan dari MABM kabupaten Melawi sebagai Dare. Mereka mengatakan siap untuk menjalankan visi misi mereka masing-masing.

“Alhamdulillah, sangat bangga. Setelah ini saya akan menjalankan visi misi saya sebagai Bujang Melayu,” ungkap Noviandika Rizki Pratama, perwakilan kontingen MABM Kayong Utara, Bujang terpilih 2018/2020, diwawancarai setelah acara selesai, di aula Penanjung Island Jalan Merdeka Timur km 2, Rabu (7/11).

Noviandika mengatakan setelah terpilih sebagai Bujang Melayu, ia akan menjalankan visi misinya. Rencananya ia akan mengajak anak muda untuk bersama-sama melestarikan budaya Melayu dan menumbuhkan rasa cinta mereka terhadao budaya luhur mereka.

“Saya akan ajak pemuda-pemuda untuk sama-sama memikirkan kemajuan budaya,” tambah Noviandika.

Noviandika juga mengatakan bahwa dirinya akan membuat komunitas budaya dengan mengajak anak-anak muda untuk bersama-sama melestarikan budaya mereka sendiri. Salah satu agendanya adalah  mensosialisasikan penggunaan tanjak pada ruang publik seperti warung kopi.

“Semoga pemilihan bujang dare ini akan lebih baik ke depannya dan berharap semakin banyak generasi-generasi muda peduli dan cinta akan budaya mereka,” pungkas Noviandika.

Kesiapan menjalankan visi misi juga disampaikan oleh Riri Wulandari, Dare Melayu terpilih. Sebagai Dare terlilih, ke depannya ia mengajak wanita Melayu untuk menutup aurat dengan memperbaiki hijab.

“Saya ingin kaum Melayu di Kalimantan Barat, khususnya wanita, saya ajak untuk mengikuti program hijab bersama,” ungkap Riri.

Riri juga mengatakan bahwa dirinya akan ikut bergerak dalam melestarikan budaya khususnya budaya Melayu. Ia ingin mengangkat kembali budaya-budaya Melayu yang beberapa telah termakan zaman seperti saprahan.

Begitulah visi misi dari masing-masing Bujang Dare. Setelah mengikuti proses yang panjang, mereka pun terpilih sebagai juara pertama. Ada pun hasil akhir penilaian juri secara lengkap untuk kategori bujang, yakni Juara 1 dimenangkan oleh kontingen MABM Kayong Utara, juara 2 dimenangkan oleh perwakilan kontingen MABM Sambas, juara 3 dimenangkan perwakilan kontingen MABM Sintang, Juara 4 dimenangkan perwakilan kontingen MABM Pontianak, Juara 5 dimenangkan perwakilan kontingen MABM Bengkayang.

Pada kategori bujang, panitia juga menentukan pemenang kategori yakni, pemenang intelegensia yang dimenangkan oleh perwakilan kontingen MABM Kayong Utara. Kategori berbakat dimenangkan oleh perwakilan kontingen dari MABM Sanggau. Kategori perdamaian dimenangkan oleh kontingen MABM Kayong Utara. Kategori Favorit dimenangkan oleh kontingen MABM Sekadau dan kategori persahabatan dimenangkan oleh kontingen MABM Kapuas Hulu.

Ada pun hasil akhir penilaian juri secara lengkap untuk kategori dare, yakni Juara 1 dimenangkan oleh kontingen MABM Melawi, juara 2 dimenangkan oleh perwakilan kontingen MABM Sekadau, juara 3 dimenangkan perwakilan kontingen MABM Singkawang, Juara 4 dimenangkan perwakilan kontingen MABM Sanggau, Juara 5 dimenangkan perwakilan kontingen MABM Kapuas Hulu.

Pada kategori dare, panitia juga menentukan pemenang kategori yakni, pemenang intelegensia yang dimenangkan oleh perwakilan kontingen MABM Pontianak. Kategori berbakat dimenangkan oleh perwakilan kontingen dari MABM Sambas. Kategori perdamaian dimenangkan oleh kontingen MABM Singkawang. Kategori Favorit dimenangkan oleh kontingen MABM Sekadau dan kategori persahabatan dimenangkan oleh kontingen MABM Sanggau.

Check Also

Antusias Perempuan Melayu Mengikuti Ekshibisi Masakan Melayu

mabmonline.org , Sekadau – Ekshibisi masakan melayu diikuti perempuan melayu dari delapan MABM kabupaten di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *