Home / FSBM X / Bupati dan Masayarakat Kapuas Hulu Antusias Saksikan Lomba Uri Gasing

Bupati dan Masayarakat Kapuas Hulu Antusias Saksikan Lomba Uri Gasing

MABMonline.org, Putussibau—Tangkai Lomba Uri Gasing yang dilaksanakan di lapangan Rumah Dinas Bupati Kapuas Hulu, Kedamain pada Jumat (19/12/14) berlangsung meriah. A. M Nasir, Bupati Kapuas Hulu dan ratusan masyarakat sangat antusias menyaksikan satu di antara permainan rakyat yang dilombakan dalam agenda Festival Seni Budaya Budaya Melayu (FSBM) X itu.

Kehadiran Bupati Kapuas Hulu bersama rombongan dalam lomba saat itu sangat menarik perhatian. Bagaimana tidak, orang nomor satu di Kapuas Hulu itu duduk bersama warga menonton gasing yang berputar di meja. Hal tersebut sontak membuat heboh masyarakat.

Tidak hanya menonton, Nasir juga beberapa kali mencoba memangkah gasing. Ia bersama peserta lain mencoba menghantamkan gasingnya ke gasing lawan. Ia mengatakan, permainan gasing ini bernilai positif. Selian itu, juga sangat menyehatkan. “Pasti punya dampak baik dan positif untuk kita,” tambahnya.

Tangkai Lomba Uri Gasing yang dimulai pukul 08.00 itu berakhir pukul 09.00 dan dilanjutkan dengan Tangkai Lomba Pangkah Gasing. Dalam Tangkai Lomba Uri Gasing, beberapa persayaratan harus dipenuhi peserta. Gasing yang ikut dalam lomba harus mempunyai berat tidak lebih dari 4 ons. Selian itu, gasing juga harus tidak lebih dari diameter yang telah di sepakati. Untuk penilaian, gasing paling lama mendapat nilai tertinggi. Begitu juga selanjutnya untuk gasing paling cepat berhenti berputar mendapat nilai yang terendah. “Semua tidak harus lebih dari 4 ons, dan harus tidak lebih dari diameternya,” ungkap satu di antara panitia.

Lomba tersebut diikuti oleh 7 kontingen. Hasil akhir dari pertandingan tersebut dimenangkan oleh kontingen dari Kubu Raya dengan nilai 7 dan waktu uri gasing mencapai 21 menit 15 detik. Juara dua dimenangkan oleh Kabupaten Sambas dengan nilai 6 dan waktu uri 20 menit 30 detik. Juara tiga dimenangkan oleh Kabupaten Mempawah dengan nilai 5 dan waktu uri gasing selama 18 menit 59 detik. Sedangkan Kota Singkawang dengan nilai 4 dan waktu uri gasing selama 13 menit 33 detik. Kabupaten Ketapang dengan nilai 3 dan waktu uri 11.24. Kabupaten Kapuas Hulu dengan nilai 2. Kabupaten Kayong Utara dengan nilai 1.

 

 

Check Also

Rabu Depan, Ada yang Beda dengan Seragam PNS

Oleh Mariyadi mambonline.org, Jakarta—Rabu depan (10/2/2016), akan ada perbedaan pada pakaian dinas Pegawai Negeri Sipil …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *