Home / Beranda / Bupati: Kebudayaan Melayu Hidup Sejak Dulu Kala

Bupati: Kebudayaan Melayu Hidup Sejak Dulu Kala

DSC_0129

MABMonline.org, Putussibau—Festival Seni Budaya Melayu (FSBM) X secara resmi telah dibuka malam ini (18/12). Acara pembukaan tersebut digelar di GOR Uncak Kapuas yang berlokasi di belakang Kantor Bupati Kapuas Hulu. Hadir dalam acara tersebut Sekda Kalbar, Bupati dan Wakil Bupati Kapuas Hulu, Ketua Umum MABMKB, para undangan, seluruh kontingen, serta ribuan masyarakat Putussibau. Bupati Kapuas Hulu dalam sambutannya menyatakan bahwa kebudayaan Melayu telah hidup sejak dahulu kala. Oleh karena itu, kita semua sebagai orang Melayu perlu bangga dengan kebudayaan kita.

Bupati juga mengatakan bahwa FSBM yang digelar tiap tahun ini merupakan upaya dari MABMKB dalam rangka melestarikan kebudayaan Melayu yang mulai punah di tengah masyarakat. “Festival kali ini dan sebelumnya merupakan upaya MABM Kalbar untuk membina, menggalakkan, serta melestarikan kebudayaan Melayu,” papar Nasir dalam sambutannya.

Kepercayaan untuk menjadi tuan rumah FSBM X kali ini juga menjadi kehormatan yang sangat tinggi dari MABMKB bagi Pemerintahan Kapuas Hulu dan seluruh masyarakat Kapuas Hulu. “Kami sangat gembira dan berterima kasih kepada MABMKB karena telah memberikan kepercayaan kepada kami untuk menjadi tuan rumah, semoga FSBM X ini berjalan lancar, aman, dan tertib sesuai dengan agenda yang direncanakan,” papar Nasir di hadapan masyarakat.

Acara pembukaan tersebut juga dihadiri oleh anggota DPR RI dari dapil Kalbar dan DPD RI. Seluruh rangkaian acara dipandu oleh dua orang pembawa acara yang sering membacakan pantun sebagai bentuk kekhasan Melayu.

Malam pembukaan yang mulai digelar pukul 20.00 tersebut juga diperindah dengan jejeran stan pameran yang sangat menarik. Stan-stan UKM dan MABM kabupaten/kota tampak sangat indah dengan corak khas Melayu dan lampu-lampu hias yang menawan.

 

Check Also

Tarian Tanda’ Sambas Wajib Dilestarikan Oleh Pemuda

Oleh Asmirizani MABMonline.org, Sambas— Workshop tarian Tanda’ Sambas dilaksanakan di pentas kantor Bupati Sambas pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *