Home / Beranda / Chairil: FSBM X Istimewa Karena di Jantung Kalimantan

Chairil: FSBM X Istimewa Karena di Jantung Kalimantan

DSC_0150

MABMonline.org, Putussibau—Agenda besar MABMKB, yakni FSBM X resmi dibuka malam ini (18/12). Acara pembukaan yang dilangsungkan di GOR Uncak Kapuas ini dimeriahkan oleh defile kontingen MABM kabupaten/kota, acara seni dan budaya, serta pesta kembang api. Ribuan masyarakat memadati GOR hingga acara selesai.

Dalam acara tersebut, Ketua Umum MABMKB menyampaikan sambutannya kepada seluruh peserta FSBM dan masyarakat Kapuas Hulu. Ketua umum menyampaikan bahwa FSBM X kali sangat istimewa karena sangat ramai dan dilaksanakan di jantung Kalimantan. “Festival kali ini istimewa karena diadakan di jantung Pulau Kalimantan atau yang biasa disebut dengan Heart of Borneo,” ungkap Chairil.

Chairil juga menyampaikan bahwa wilayah Kapuas Hulu merupakan wilayah konservasi yang perannya sangat penting bagi kelangsungan hidup dunia. “Kapuas Hulu memiliki hutan hujan yang sangat eksotis, kaya akan flora dan fauna, kaya akan plasma nutfah, ialah Betung Kerihun,” tambahnya.

Upaya konservasi alam dan konsistensi masyarakat dan Pemerintah Kapuas Hulu dalam mempertahankannya diapresiasi oleh Chairil di hadapan ribuan masyarakat yang menghadiri Malam Pembukaan FSBM X di GOR Uncak Kapuas. “Sungguh mulia tekad bupati serta seluruh masyarakat daerah ini untuk menjadikan wilayahnya sebagai kabupaten konservasi. Tekad mulia ini harus didukung bersama karena menyangkut kelangsungan hidup ummat manusia,” papar mantan Rektor Untan tersebut.

Acara pembukaan tersebut juga dihadiri oleh anggota DPR RI dari dapil Kalbar dan DPD RI. Seluruh rangkaian acara dipandu oleh dua orang pembawa acara yang sering membacakan pantun sebagai bentuk kekhasan Melayu.

Malam pembukaan yang mulai digelar pukul 20.00 tersebut juga diperindah dengan jejeran stan pameran yang sangat menarik. Stan-stan UKM dan MABM kabupaten/kota tampak sangat indah dengan corak khas Melayu dan lampu-lampu hias yang menawan.

 

Check Also

Tarian Tanda’ Sambas Wajib Dilestarikan Oleh Pemuda

Oleh Asmirizani MABMonline.org, Sambas— Workshop tarian Tanda’ Sambas dilaksanakan di pentas kantor Bupati Sambas pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *