Home / Beranda / Chairil Jadi Ketua Juri Rancang Motif Melayu

Chairil Jadi Ketua Juri Rancang Motif Melayu

Foto: Chairil sedangn memberikan komentar tentang hasil rancangan motig Melayu
Foto: Chairil sedang memberikan komentar tentang hasil rancangan motif Melayu

Oleh Sabhan Rasyid

MABMonline.org, Putussibau—Ketua Umum MABMKB meninjau langsung lokasi perlombaan Merancang Motif Melayu di Rumah Melayu Kapuas Hulu. Tidak hanya memantau jalannya lomba, Chairil juga menjadi Ketua Dewan Juri untuk tangkai lomba tersebut. Sebelum melakukan penilaian, Chairil bersama dua juri yang lain tampak berjalan-jalan mengamati proses penyelesaian rancangan motif Melayu dari berbagai peserta.

Chairil saat mengumumkan hasil perlombaan juga mengomentari seluruh hasil rancangan para peserta. Komentar yang diberikan pun beragam. Ada komentar tentang kombinasi warna yang masih umum atau ada juga yang terlalu kontras sehingga tidak begitu jelas degradasi warnanya.

Dalam komentarnya, Chairil mengatakan bahwa keseluruhan hasil rancangan sudah baik hanya ada beberapa hal di setiap rancangan yang harus disempurnakan. “Rancangan nomor 4 ini memiliki folosofi yang baik, cuma akan ada kendala nanti jika akan diaplikasikan  untuk bahan kain,” ungkap Chairil.

Pengumuman para pemenang disampaikan Ketua Umum MABMKB dihadapan para peserta dan para panitia yang ada di Rumah Melayu Kapuas Hulu. Bersama Dedy Ari Asfar dan Syarif Selamat Djoesoef Alkadri, Chairil sepakat dengan perolehan juara 1 bagi Haornas dari MABM Kabupaten Bengkayang.

Rencananya, motif rancangan para peserta ini akan diurus hak ciptanya dari MABMKB. Rancangan-rancangan Melayu ini akan menjadi kekhasan bagi Melayu Kalimantan Barat. “Kita akan urus hak ciptanya untuk motif-motif Melayu ini,” pungkas Chairil.

Check Also

Tarian Tanda’ Sambas Wajib Dilestarikan Oleh Pemuda

Oleh Asmirizani MABMonline.org, Sambas— Workshop tarian Tanda’ Sambas dilaksanakan di pentas kantor Bupati Sambas pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *