Home / Beranda / Chairil : MABM Harus Terus Berkonsolidasi

Chairil : MABM Harus Terus Berkonsolidasi

Foto : Chairil saat menutup Rakerpus 2013 di Hotel Dangau Singkawang
Foto : Chairil saat menutup Rakerpus 2013 di Hotel Dangau Singkawang

Oleh Mariyadi dan Sabhan Rasyid

Saat menutup acara Rapat Kerja Pusat (Rakerpus) Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) di Hotel Dangau Singkawang, Sabtu (27/4), Chairil Efendy selaku Ketua Umum MABM mengatakan MABM harus terus berkonsolidasi agar MABM dapat dikenal lebih luas lagi. “Kita sudah eksis sebenarnya tapi perlu untuk terus berkonsolidasi,” ungkap Chairil.

Menurut Chairil, sebenarnya keberadaan kita telah dikenal masyarakat. Namun kita masih perlu memperkenalkan MABM lebih luas lagi agar para masyarakat, para anak-anak muda bisa mengenal kita lebih jauh lagi.

“Maka dari itu saya merangkul adek-adek muda kita untuk lebih memperkenalkan MABM lewat berbagai media teknologi yang telah ada,” ungkap Chairil.

Menurut Chairil, semoga setelah adanya MABMonline dan fasilitas-fasilitas lainnya,  MABM  lebih dikenal di mata masyarakat baik itu di ranah nasional maupun internasional. Kita sebagai orang tua selalu mengatakan bahwa anak muda tidak mengenal kebudayaan Melayu. Namun kita tidak pernah mendengar apresiasi dari mereka.  Hanya  apresiasi kita saja yang kita dengar. Kita sebagai orang tua juga harus mengenal mereka, mengenal apa yang mereka pakai untuk media pembelajaran atau media sosial mereka agar kita mudah memperkenalkan MABM. “Kita tidak akan selamanya ada di MABM, kita harulah beregenerasi,” tambahnya.

Chairil mengatakan, oleh karena itu, diklat singkat mengenai ilmu teknologi yang diajarkan di sini akan ditindaklanjuti. Hal-hal yang bersangkutan cara-cara untuk mengupload semua produk kebudayaan Melayu di semua daerah juga akan diajarkan kembali. Hal tersebut bertujuan agar anak-anak muda dapat lebih mudah mengikuti perkembangan MABM.

Check Also

Chairil : Apa yang Dibicarakan Tidak Cukup Sampai di Ruangan Ini

Oleh Sabhan Rasyid dan Mariyadi MABMonline.org, Singkawang—Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) Kalimantan Barat (Kalbar) mengadakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *