Home / Bahasa / Diskusi Bulanan MABM Hadirkan Pakar Melayu Dunia

Diskusi Bulanan MABM Hadirkan Pakar Melayu Dunia

MABMonline.org, Pontianak — Ketua Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) Kalimantan Barat Prof.Dr. Chairil Effendy mengungkapkan akan menghadirkan pakar linguistik Melayu internasional Prof. Dr. James Thomas Collins dalam diskusi bulanan pada tanggal 23 April 2013 di Sekretariat MABM Kalbar. Diskusi bulanan menurut Chairil akan menjadi agenda rutin pengurus MABM Kalbar untuk menghidupkan tradisi akademik dan menjadikan MABM sebagai organisasi masyarakat yang aktif membahas isu-isu yang sedang marak diperbincangkan. “Diskusi santai tetapi berisi,” tegas Chairil.

“James Thomas Collins merupakan pakar Melayu yang kukuh mengatakan nenek moyang bahasa Melayu Purba itu asal-usulnya dari Kalimantan Barat. Ya, kita undang beliau dalam diskusi bulanan kita,” ujar Chairil lagi. Lebih lanjut Chairil mengungkapkan bahwa dengan kehadiran pakar Melayu dunia ini masyarakat Kalimantan Barat bisa mengetahui hasil riset terbaru James T. Collins tentang isu tanah asal-usul bahasa Melayu Purba dan bahasa-bahasa Melayu yang ada di Kalimantan Barat. Kashmir Bafiroes selaku Ketua Harian MABM Kalbar juga mengungkapkan bahwa, “Diskusi bulanan diharapkan dapat membangun budaya akademik dan pangkalan data Melayu Kalimantan Barat.”

Saat ditanya siapa saja yang boleh menghadiri diskusi bulanan ini salah satu pengurus berkata, “Kami mengundang peneliti, dosen, teman-teman media massa, dan budayawan,” tegas Budiman Tahir Kepala Sekretariat MABM Kalbar. “Siapa pun boleh datang, gratis,” jelas Budiman.

Check Also

Mengenang Lima Tahun Peristiwa Terbakarnya SMA Negeri 8 Pontianak

Oleh Fraditya Yulia Sari MABMonline.org, Pontianak-Tak terasa sudah lima tahun berlalu semenjak kejadian yang akan sangat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *