Home / Beranda / Djoesoef: Hasil Rancangan Peserta Sudah Memuaskan

Djoesoef: Hasil Rancangan Peserta Sudah Memuaskan

Foto: Syarif Selamat Djoesoef Alkadri sedang melakukan penilaian
Foto: Syarif Selamat Djoesoef Alkadri sedang melakukan penilaian

Oleh Sabhan Rasyid

MABMonline.org, Putussibau—Satu di antara juri tangkai lomba Merancang Motif Melayu menyatakan kepuasannya terhadap motif Melayu hasil rancangan para peserta, Sabtu (20/12). Juri tersebut bernama Syarif Selamat Djoesoef Alkadri yang juga merupakan Ketua Dewan Pemangku Adat MABMKB. “Secara keseluruhan hasil pekerjaan para peserta sudah baik dan memuaskan,” ungkapnya saat diwawancarai.

Menurut juri yang sering disapa “Om Simon” tersebut, para peserta ini memanfaatkan waktu dengan sangat baik, ada keinginan ingin menghasilkan yang sempurna dalam waktu yang cukup singkat. “Tampaknya peserta ini ingin sempurna mendesain motif Melayu, tetapi waktu yang tersedia ternyata masih kurang,”paparnya.

Proses perancangan motif selama tujuh jam yang ditempuh para peserta ternyata masih kurang bagi peserta. Hal ini diungkapkan langsung oleh Haornas yang menjadi juara satu dalam perlombaan ini. “Untuk waktu tersebut memang kita peserta yang sepakati, memang kurang waktunya jadi ada beberapa bagian yang belum sempurna,”paparnya.

Ditanya terkait hak cipta karya para peserta, Om Simon mengatakan bahwa mulai tahun ini dari MABMKB akan mengurus hak cipta tersebut. Ia mengingatkan bahwa saat diurus hak ciptanya, nama perancang motif ini juga harus dicantumkan. “Ini mulai awal kita akan usahakan urus hak cipta hasil karya para peserta, tetapi ingat bahwa nama perancang juga akan dicantumkan,” tambahnya.

Pelaksanaan lomba Merancang Motif Melayu dengan konsep merancang langsung di lokasi lomba dengan menyertakan contoh merupakan konsep baru dalam lomba ini. “Ini memang konsep baru, tahun depan kita akan minta para peserta untuk merancang secara langsung di lokasi lomba dengan ketersediaan waktu tertentu, ungkap Om Simon kepada wartawan MABM.

 

 

Check Also

Tarian Tanda’ Sambas Wajib Dilestarikan Oleh Pemuda

Oleh Asmirizani MABMonline.org, Sambas— Workshop tarian Tanda’ Sambas dilaksanakan di pentas kantor Bupati Sambas pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *