Home / Jurnalisme Warga / Es Rosul dan Rujak Es Krim Makanan Berkah dan Toyib

Es Rosul dan Rujak Es Krim Makanan Berkah dan Toyib

Oleh : Ria Lestari

MABMonline.org, Pontianak-Es rosul dan rujak es krim mulai menjajaki kuliner di Pontianak. Makanan yang tersaji di Kedai Bento ini mulai digemari oleh masyarakat. Nama dan rasa yang unik dari kedua makanan ini menjadi andalan bagi penjual untuk menarik pelanggan di pasar. Selain itu, harganya relatif murah dan yang penting halal. Jumat (17/4), “Sejauh ini makanan es rosul dan rujak eskrim mendapat komentar baik dari pelanggan yang pernah mencobanya, dan rata-rata mereka bilang enak, rasanya unik, khususnya rujak es krim yang memiliki rasa kolaborasi manis, pedas, asam, dan asin.” papar Sandy pemilik Kedai Bento.

Saat ini banyak warung-warung yang menjual makanan-makanan baru yang unik dan menarik. Baik dari namanya maupun  penyajiannya. Sebut saja kedai Bento. “Bento itu singkatan dari (berkah dan toyib).  Ide ini berangkat filosofi bahwa makanan itu harus berkah dan toyib/ baik untuk dimakan. Di Kedai Bento ini ada dua menu yang kami tawarkan, yaitu: es rosul dan rujak es krim.” papar  pemuda asal Pontianak ini ketika di temui.

“Es rosul merupakan singkatan dari es rosella susu legi (manis). Es ini dibuat dengan bahan dasar teh rosella, lalu di campur susu. Rasanya manis dan segar.” Jelas pemuda yang bernama lengkap Sandy Yudha Wijaya ini.

Selain itu, Sandy juga memaparkan bahwa Kedai Bento ini juga menjual rujak es krim. Rujak es krim merupakan kombinasi antara rujak dengan es krim. Seperti rujak pada umumnya, rujak ini dibuat dari buah bengkuang, nanas, jambu,dll. lalu ditambah es krim yang dibuat sendiri. Cara penyajiannya sederhana saja, rujak yang telah disiapkan di wadah lalu ditambahkan es krim lalu disiramkan susu kental manis di atasnya. Rasanya kolaboratif sekali, manis, pedas, asama, dan asin.

Makanan-makanan ini mendapat sambutan baik dari pelanggan yang telah mencobanya. “Pelanggan yang telah mencoba makanan kami, saya suruh tulis komentarnya di facebook. Rata-rata komentarnya enak dan segar. Ada satu komentar dari pelanggan yang paling menarik menurut saya, komentarnya seperti ini ‘Wah..orang belum tahu kalau ini enak’ .” papar mahasiswa semester 6 Prodi Sosiologi FKIP Untan ini.

Sementara ini kedai bento belum beroperasi secara maksimal, berhubung tersangkut oleh kesibukan perkuliahan. “Kedai Bento untuk saat ini hanya buka setiap hari sabtu dan minggu. Karena hari lainnya saya sibuk kuliah. Kedai bento ini  terletak di Jalan 28 Oktober, Siantan tepat di rumah saya sendiri. Namun jika ada yang memesan langsung pada hari lainnya juga bisa.” tambah mantan Kabid Keuangan di sebuah organisasi keagamaan di FKIP ini.

 

 

Check Also

Antar Ajung, Antara Tradisi dan Wisata

Oleh Nabu Sambas—Terdengar gendang rabana dan ratib. Lantunan nama-nama Allah disertai doa selamat dan doa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *