Home / Beranda / Farhan Hamid: Perempuan Memiliki Peran Ganda

Farhan Hamid: Perempuan Memiliki Peran Ganda

Oleh Gusti Iwan

Wakil Ketua MPR RI, DPP MABMKB, DPP PMKB (Foto Gusti Iwan)
Wakil Ketua MPR RI, DPP MABMKB, DPP PMKB
(Foto Gusti Iwan)

MABMonline.org, Pontianak — Kaum perempuan di Indonesia merupakan kalangan yang memiliki potensi besar sebagai subyek pembangunan, yang secara kuantitas dalam demografi kependudukan , jumlahnya sudah menyamai jumlah pria di Indonesia. Melalui peningkatan kualitas pendidikan dan keterampilan, maka akan memberi konstribusi yang signifikan bagi kemajuan masyarakat Indonesia.

Farhan Hamid Menyampaikan Sambutannya  (Foto Gusti Iwan)
Farhan Hamid Menyampaikan Sambutannya
(Foto Gusti Iwan)

Dalam kata sambutannya di acara pengukuhan DPP Perempuan Melayu Kalimantan Barat, Selasa (03/09), Wakil Ketua MPR RI yang juga anggota DPD RI Dr. Ahmad Farhan Hamid, MS, memaparkan, “Peran perempuan dalam keluarga dan masyarakat, merupakan peran ganda yang sudah lama ada di Indonesia sejak abad ke-20. Kita mengenal Cut Nyak Dien, Cut Mutia dan pahlawan perempuan lainnya yang berani berdiri di medan pertempuran.”

“Pada masa kini kaum perempuan juga dituntut memiliki kesadaran dan tanggung jawab terhadap masa depan Indonesia. Peran ganda yang dimiliki harus sejalan dengan semangat, jiwa dan jati diri kita sebagai bangsa Indonesia, yaitu perempuan Indonesia yang berkepribadian Pancasila. Sehingga peran yang kita miliki bukan saja berguna bagi diri kita pribadi dan keluarga, namun dapat berpartisipasi secara aktif disegala bidang kehidupan yang mendorong kemajuan bangsa, baik di dalam politik pemerintahan, ekonomi, pendidikan maupun sosial budaya.
Melalui sosialisasi empat pilar ini lah, pemberdayaan peran perempuan semoga dapat tercerahkan, yaitu melalui kesadaran akan pemahaman kita bersama akan nilai-nilai Pancasila, UUD 45, NKRI dan Bhineka tunggal Ika. Sehingga pada muaranya nanti, perempuan Indonesia memiliki kemandirian sekaligus mampu menjadi panutan (role model) dilingkungan keluarga, sekaligus bermanfaat bagi kemajuan bangsa dan negara,” jelasnya lagi, sebelum membuka secara resmi acara Sosialisasi 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara (Pancasila, UUD 45, NKRI, Bhineka Tunggal Ika).

Chairil Effendy Memasangkan Sabuk Tenun Sambas Kepada Farhan Hamid
Chairil Effendy Memasangkan Sabuk Tenun Sambas Kepada Farhan Hamid (Foto Gusti Iwan)

Di sela acara juga saling dilakukan penyerahan cinderamata dari Ketua Umum MABM Kalimantan Barat, Ketua Umum Perempuan Melayu Kalimantan Barat, juga dari Wakil Ketua MPR RI.

Check Also

Sultan Hamid II, Sang Perancang Lambang Negara yang Terlupakan

Oleh: Nur Iskandar Tepat di hari Kartini, (21/4), Seminar Nasional Meluruskan Sejarah Sultan Hamid Sebagai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *