Home / Jurnalisme Warga / FKIP Gelar Seminar bagi Sarjana Baru

FKIP Gelar Seminar bagi Sarjana Baru

Para pembicara dan moderator sedang bersiap memulai seminar (Foto: Sabhan)
Para pembicara dan moderator sedang bersiap memulai seminar (Foto: Sabhan)

Oleh Sabhan Rasyid

MABMonline.org, Pontianak— Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Untan menggelar seminar bagi lulusan-lulusannya hari ini, Senin (28/4). Kegiatan yang digelar oleh IKA (Ikatan Keluarga Alumni) FKIP Untan tersebut digelar di aula lantai 3 Rektorat Untan. Kegiatan seminar ini mengangkat tema “Membangun Kultur Sekolah yang Kreatif dan Berkarakter”. “Semoga setelah diwisuda nanti, semua dapat membuat kultur sekolah yang bermutu,” ungkap Aunurrahman selaku ketua IKA FKIP Untan.

Kegiatan yang mendatangkan pembicara-pembicara dari kalangan dosen FKIP Untan ini dihadiri oleh 300 lulusan FKIP Untan periode III. Pembicara-pembicara yang terlibat dalam kegiatan tersebut, yaitu Dr. Aswandi sebagai keynote speaker, Prof. H.M. Asrori sebagai pembicara pertama, dan Dr. Rahayu sebagai pembicara kedua. Seminar ini merupakan acara rutin bagi lulusan FKIP yang telah berhasil membuktikan bahwa mereka mampu melewati masa studi di FKIP Untan. “Hari ini merupakan pembuktian bahwa Anda semua mampu menyelesaikan studi sampai saat ini,” ungkap Aunurrahman.

Acara dimulai pukul 08.00 pagi diawali dengan doa dan peserta menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.  Aswandi sebagai keynote speaker melanjutkan rangkaian acara tersebut dengan memaparkan beberapa hal terkait motivasi dan pendidikan bagi para peserta. Aswandi menyampaikan kepada para peserta untuk selalu memiliki harapan dan memberikan harapan kepada orang lain agar bisa sukses. “Kita semua harus menjadi orang yang selalu memberikan harapan,” papar Aswandi dalam penyampaian seminarnya.

Aswandi juga berpesan kepada lulusan-lulusan yang merupakan calon pendidik dan pendidik untuk selalu kreatif dalam memberikan pelajaran di ruang kelas kepada siswa. “Guru yang kreatif adalah guru yang selalu berorientasi pada murid,” tambah Dekan FKIP Untan tersebut.

Setelah penyampaian sambutan serta materi kepada para peserta oleh Aswandi, kegiatan seminar tersebut dilanjutkan dengan penyampaian materi secara panel oleh kedua pembicara. Asrori selaku pembicara pertama mengangkat judul “Memanusiakan Manusia Kreatif melalui Pendidikan yang Manusiawi” dan Rahayu selaku pembicara kedua mengangkat judul “Membangun Kultur Sekolah yang Aman dan Peduli”. Kegiatan tersebut secara utuh terlaksana hingga pukul 11.00 pagi  yang diakhiri dengan pengarahan dari Achmadi selaku Pembantu Dekan III FKIP Untan.

Check Also

Sigondah: Meriam Dahsyat Peninggalan Kerajaan Mempawah

Oleh Kinanti Wulandari Hijau dan damai, kata yang dapat mewakili suasana di tempat ini. Suara burung-burung …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *