Home / Beranda / ‘Gerakan Sejuta Relawan’ Awasi Pelaksanaan Pemilu

‘Gerakan Sejuta Relawan’ Awasi Pelaksanaan Pemilu

oleh Sabhan Rasyid

P1340945
MABMonline.org, Pontianak— Gerakan sejuta relawan untuk pengawasan pemilu 2014 merupakan program nasional dari Bawaslu RI. Gerakan ini sudah mencatat 16.019 relawan yang siap mendedikasikan diri mereka untuk mengawas pelaksanaan pemilu. Istilah “sejuta relawan” tidak dilihat dari kuantitas dari keseluruhan relawan, melainkan dari besarnya manfaat dari gerakan ini. “Gerakan sejuta relawan menyampaikan pesan bahwa betapa besar dan berpengaruhnya gerakan ini, bukan kuantitas, tetapi masifnya kegiatan pengawasan,” ungkap Ruhermansyah, Ketua Bawaslu Provinsi Kalimantan Barat.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kalimantan Barat menggelar pelepasan relawan pengawas pemilu 2014 untuk daerah Kalimantan Barat. Kegiatan yang bertema “Optimalisasi Pengawasan dalam Rangka Mewujudkan Pemilu yang berkualitas” tersebut dilaksanakan, Kamis (13/3) di gedung PCC. Acara dimulai dengan registrasi peserta sejak pukul 8 pagi dan dimulai secara resmi pada pukul 10 pagi.

Acara diawali dengan gladi bersih dari panitia bersama peserta. Hadir Gubernur Kalimantan Barat, komisioner Bawaslu Kalimantan Barat, perwakilan Kapolda Kalbar, Pangdam Tanjungpura, Kejaksaan Tinggi Kalbar, KPU, pers, serta peserta yang berasal dari golongan mahasiswa dan pelajar.

Pengawasan pemilu merupakan kewajiban setiap warga negara untuk melaksanakannya. Pengawasan terhadap pelaksanaan pemilu setidaknya dilakukan pada tiga situasi, yaitu masa kampanye, masa tenang, dan pemungutan sampai perhitungan suara. “Ada titik-titik rawan pelanggaran pemilu, seperti masa kampanye, masa tenang, dan perhitungan suara,” ungkap Kristantus Herusiswanto, salah satu anggota Bawaslu saat memberikan materi kepada peserta.

Unsur-unsur masyarakat yang dapat menjadi relawan pengawas pemilu ini, yaitu pelajar dan mahasiswa yang tergolong pemilih muda atau dari masyarakat lain yang memang bersedia. Untuk pendaftaran dapat dilakukan di Kantor Bawaslu di Jalan S. Parman (samping SMK 3). Masyarakat yang memenuhi persayaratan dan layak akan diverifikasi oleh Bawaslu untuk dijadikan relawan pengawas pemilu 2014. “Rekan-rekan bisa mendatangi kantor Bawaslu di samping SMK 3 untuk mendaftar sebagai relawan,” ujar Ketua Bawaslu dalam sambutannya.

Kegiatan pelepasan gerakan sejuta relawan yang dihadiri 506 perserta tersebut selesai pada pukul 12 siang. Kegiatan tersebut diakhiri dengan penyampaian materi dari anggota Bawaslu dan Jumadi selaku dosen FISIP Untan dengan materi “Pentingnya Partisipasi Masyarakat dalam Pemilu”. Jumadi berharap pelanggaran yang terjadi dalam pelaksanaan pemilu 2004 dan 2009 tidak terulang kembali pada tahun ini. “Pemilu bersih, Indonesia Maju,” pungkas Jumadi dalam materinya siang kemarin.

Check Also

Tarian Tanda’ Sambas Wajib Dilestarikan Oleh Pemuda

Oleh Asmirizani MABMonline.org, Sambas— Workshop tarian Tanda’ Sambas dilaksanakan di pentas kantor Bupati Sambas pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *