Home / Jurnalisme Warga / Hidangan Lezat Asal Serambi Mekah

Hidangan Lezat Asal Serambi Mekah

Oleh Siska Rahmawati

mie aceh di pontianak
MABMonline.org, Pontianak–
(18/4) Masyarakat Kalimantan Barat khususnya Pontianak terkenal gemar mencicipi kuliner di luar ketimbang memasak sendiri di rumah. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor  seperti banyaknya warung makan-warung makan yang menjual berbagai makanan enak yang terjangkau dan meningkatnya taraf hidup masyarakat.

Satu diantara warung makan yang terdapat di Pontianak adalah Warung Makan Mie Aceh di depan SPBU Jl. Imam Bonjol. Dari namanya saja sudah tampak bahwa warung makan ini menjual mie khas yang berasal dari Tanah Serambi Mekah atau lebih dikenal dengan Aceh.

M. Nasir pemilik warung makan ini memang berasal dari Aceh. Setelah sempat beberapa kali berpindah dari satu kota ke kota lainnya untuk berjualan mie aceh, akhirnya kini M. Nasir menetap dan berjualan di Pontianak. Warung makan mie aceh ini berdiri di Pontianak baru sekitar beberapa minggu lalu tepatnya tanggal 18 April. Akan tetapi omzet penjualan mie aceh ini sangat memuaskan. Dengan cita rasa berempah khas Aceh mampu menarik minat pelanggan untuk datang dan mencicipi mie aceh tersebut.

Baca juga: Lempeng Sagu: Kue Tradisional yang Jarang di Pasar

“Mie aceh sendiri terbuat dari 22 macam bumbu. Beberapa di antaranya cabai kering, kacang tanah, bawang merah dan putih, pala, jahe, kayu manis, kemiri, udang, kerang, kemudian diberi emping dan acar,” ujar pria berusia 26 tahun ini.

Pria asal aceh ini juga mengatakan bahwa resep mie aceh yang dimilikinya ini merupakan resep asli yang dia bawa dari aceh. Resep tersebut juga memiliki sedikit perbedaan dengan mie aceh lainnya. Karena masing-masing penjual memiliki teknik tersendiri dalam proses membuat serta mengolahnya sehingga menjadikan mie aceh memiliki rasa yang sedikit berbeda-beda.

Warung makan yang dia miliki menawarkan berbagai macam olahan mie aceh seperti: mie aceh rebus, mie aceh goreng, mie aceh goreng seafood, mie aceh goreng basah spesial. Bahkan warung makan ini juga menjual nasi goreng.

“Rencananya saya akan membuka cabang lagi kalau hasil penjualan disini menunjukkan hasil yang baik,” pungkas pria yang pernah berjualan di Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Jombang, Madura, Malang, Solo, dan Cirebon ini.

Check Also

Pantia FSBM IX Sediakan 7 Stan Keamanan dan Kesehatan

Oleh Mariyadi MABMonline.org, Pontianak—Panitia penyelenggara Festifal Seni dan Budaya Melayu (FSBM) IX dalam rangka ulang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *