Home / Jurnalisme Warga / Himbasi Ajak Masyarakat Berkarya

Himbasi Ajak Masyarakat Berkarya

logo Himbasi
logo Himbasi

Oleh  Dina Apriana

MABMonline.org, Pontianak– Sekelompok mahasiswa terlihat sedang berkumpul melingkar di sebuah ruangan kecil. Mereka terlihat serius mempersiapkan perayaan hari ulang tahun Himpunan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia ke-26 dan peringatan Chairil Anwar (14/3). “Rapat ini merupakan rapat internal persiapan perayaan hari ulang tahun ke-26 Himbasi dan Peringatan Chairil Anwar. Himbasi merupakan satu di antara Hima (Himpunan Mahasiswa) yang terdapat di FKIP dan sudah berdiri sejak tahun 1987 tepatnya pada tanggal 21 April,” ungkap Zainal selaku Ketua Himbasi periode 2012/2013.

“Peringatan Chairil Anwar merupakan suatu kegiatan yang dilaksanakan Himbasi yang bertepatan dengan HUT Himbasi setiap tahunnya untuk mengenang hari kematian sastrawan besar Indonesia, Chairil Anwar, dan merupakan ranah kerja bidang Pembinaan dan Pengembangan Bahasa dan Sastra Indonesia (PPBSI),” sambung Ria Lestari yang merupakan Kepala Bidang PPBSI ketika ditanya tentang kegiatan Chairil Anwar dan HUT ke-26 Himbasi. Menurutnya, terdapat nuansa yang berbeda antara perayaan tahun ini dan tahun-tahun sebelumnya terutama dari segi konsep acara. “Perayaan tahun ini tidak terlalu banyak digunakan untuk perlombaan dan acaranya tidak sebanyak tahun-tahun sebelumnya. Hanya ada enam acara, yaitu pembukaan dan penutupan, lomba cipta puisi tingkat umum, musikalisasi puisi tingkat umum, bakti sosial, dan bedah buku dan kami menginginkan dengan acara yang tidak terlalu banyak kami dapat membuat perayaan ini se-wah mungkin dengan kerja sama yang baik antara panitia, pengurus, dan pengarah.”

Himbasi yang pengurus serta anggotanya berasal dari mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia pada dasarnya mengharapkan generasi muda tidak berhenti berkarya dengan budaya dan bahasa yang kita miliki sebagai warga Indonesia. “Oleh karena itu, kami mengusung tema ‘Cipta Karya, Lestarikan Budaya, dan Bina Bahasa melalui Peringatan Chairil Anwar dan HUT ke-26 Himbasi FKIP Untan 2013’ dan berharap perayaan ini dapat menjadi wadah untuk berkreasi,” ujar wanita bertubuh tinggi tersebut. Sebgai tambahan, wanita yang akrab disapa Ria itu pun mengajak seluruh masyarakat khususnya para generasi muda untuk berpartisipasi menyukseskan perayaan Chairil Anwar dan HUT ke-26 Himbasi, “Silahkan mendaftar untuk lomba Musikalisasi Puisi, Cipta Puisi, dan Bedah Buku yang seluruhnya dilaksanakan pada April mendatang.”

Check Also

Semarak Hari Raya Idul Fitri di Facebook

Hampir seminggu hari raya idul fitri berlalu. Namun bagi warga Pontianak, masih ada waktu 3 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *