Home / headline / Himmat Gelar Lomba Menulis Bertema Karakter

Himmat Gelar Lomba Menulis Bertema Karakter

Kegiatan Presentasi Peserta (Foto: Sabhan)
Kegiatan Presentasi Peserta (Foto: Sabhan)

oleh Sabhan Rasyid

MABMonline.org, Pontianak— Dalam rangka dies natalis ke-31, Himmat (Himpunan Mahasiswa Matematika) FKIP Untan menggelar beberapa rangkaian lomba. Satu di antara lomba yang melibatkan siswa SMA se-Pontianak, yaitu Lomba Menulis Esai dengan tema “Pendidikan Karakter”, Minggu (30/3). Kegiatan tersebut diikuti oleh siswa-siswa perwakilan dari beberapa sekolah di Pontianak. “Kegiatan ini diikuti oleh 15 peserta dari perwakilan enam sekolah di Pontianak,” ujar Iga selaku panitia pelaksana.

Kegiatan yang merupakan bagian dari rangkaian dies natalis tersebut dilaksanakan mulai pukul 08.00 pagi di Aula Meranti Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura. Hari ini semua peserta yang telah lolos seleksi mempresentasikan esainya di hadapan dewan juri dan peserta lain. Semua peserta menunjukkan kemampuannya secara maksimal di hadapan dewan juri dengan fokus isi tulisan, yaitu pendidikan dan karakter. Panitia sengaja mengangkat tema “pendidikan karakter” agar tidak terlalu sempit dan peserta dapat mengaitkannya dengan aspek apapun. “Kalau mengangkat tema matematika terlalu spesifik, jadi kami memilih tema karakter karena sesuai dengan fakultas kami,” tambah Iga.

Pelaksanaan presentasi hari ini menghadirkan dua orang juri, yakni Wuri Febrianti dan Sabhan Rasyid. Kegiatan ini berlangsung lancar walaupun terdapat sedikit kendala teknis di pertengahan acara. “Saya berpesan kepada panitia, untuk ke depannya dapat mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang agar tidak memengaruhi mental peserta saat tampil di hadapan juri,” pesan Wuri kepada panitia.

Kegiatan lomba menulis ini merupakan kegiatan positif yang dapat menggali potensi siswa agar lebih kritis dalam menghadapi persoalan. Kegiatan seperti ini juga diharapkan tetap dilaksanakan pada tahun-tahun berikutnya. “Kegiatan seperti ini harus tetap ada di tahun depan,” pungkas juri yang sekarang mengajar di Universitas Muhammadiyah Pontianak kepada redaksi MABMonline.org.

Check Also

Membangun Asa, Mencapai Kebahagian Atas Kerja Keras

Oleh Siti Munawwarah Pontianak — Menghirup udara kabin pesawat, saat itu sekitar pukul 09.30 pagi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *