Home / Beranda / Ilyas: Perjuangan Belum Berakhir

Ilyas: Perjuangan Belum Berakhir

Foto: Ilyas Bukhari, pelatih silat MABM Kota Singkawang
Foto: Ilyas Bukhari, pelatih silat MABM Kota Singkawang

Oleh Sabhan Rasyid

MABMonline.org, Putussibau—Tangkai Lomba Seni Silat yang digelar di Gedung Indoor Voli menghasilkan enam tim sebagai pemenang, Minggu (21/12). Juara pertama diraih oleh Tim Silat MABM Kota Singkawang. Setelah meraih juara dua pada FSBM IX di Sambas, kini target juara 1 berhasil diraih oleh tim silat Singkawang. “Tahun lalu kita juara dua, kalah dari Pontianak, kali ini target kita tercapai,” ungkap Ilyas Buchari selaku pelatih tim silat Kota Singkawang.

Tim silat Kota Singkawang menampilkan sajian cerita tentang “Khataman Silat”. Dalam pertunjukannya, para pesilat kota Singkawang yang berkostum hijau menampilkan empat orang murid silat yang menyelenggarakan khataman silat. Proses khataman yang dipimpin oleh guru silat tersebut, diwarnai dengan aksi silat sebagai uji coba sebelum khataman dilakukan.

Keserasian pukulan gendang dengan gerakan silat dan sajian cerita yang sangat menarik dari MABM Singkawag mendapat perhatian dari penonton dengan sangat antusias. Riuh tepuk tangan juga sangat meriah ketika aksi membanting lawan silat diperagakan.

Ilyas selaku ketua tim mengatakan bahwa persiapan untuk lomba silat FSBM X ini tidak terlalu lama. Latihan dilaksanakan selama sembilan kali dalam seminggu. “Kita latihan tidak terlalu lama, kita sudah sering latihan setiap hari, untuk ceritanya kita tulis dan kita latihan sembilan kali,” ungkap Ilyas.

Ilyas juga mengatakan bahwa hasil ini bukanlah akhir dari segala perjuangan. “Kita belum lengkap empat belas MABM kabupaten/kota, nanti kalau semuanya hadir baru bisa katakan bahwa silat Melayu di Kalimantan Barat sudah kuat dan bersatu,” paparnya.

Ia juga berharap FSBM selanjutnya dapat dilakukan proses penjurian yang lebih ketat agar tidak ada negosiasi antarjuri yang menimbulkan objektivitas. “Kita berharap terus ada perbaikan dan proses penjurian dapat lebih maksimal dari tahun ke tahun,” pungkasnya kepada wartawan MABM.

Check Also

Ada Senyum Sumringah di Sunatan Massal

Oleh: Gusti Iwan MABMonline.org, Sambas — Senin pagi (26/8), dimulai jam 8 diselenggarakan acara sunatan massal …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *