Home / Kesehatan / Ini Daftar Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Diabetes

Ini Daftar Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Diabetes

oleh Sabhan Rasyid

Ilustrasi makanan sehat (sumber: haslinda16.blogspot.com)
Ilustrasi makanan sehat (sumber: haslinda16.blogspot.com)

MABMonline.org- Penyakit diabetes melitus merupakan penyakit dengan resiko kematian keenam tertinggi di dunia. Penyakit akibat gangguan produksi insulin karena tidak terkendalinya kadar gula darah tersebut telah menjadi momok bagi setiap orang. Berdasarkan data Global Status Report on NCD yang dirilis WHO pada tahun 2010 dinyatakan bahwa diabetes melitus menduduki peringkat keenam sebagai penyebab kematian pada kategori penyakit tidak menular.

Penyakit diabetes melitus terbagi atas dua golongan, yaitu diabetes melitus tipe 1 (DM 1) dan diabetes melitus tipe 2 (DM 2). “DM ada 2 tipe, tipe 1 (hormon insulin yang kurang) dan tipe 2 (insulin yang yang sudah resistensi atau tidak bisa bekerja lagi,” ungkap Izka Rahmania.

Para penderita diabetes melitus kemudian dianjurkan untuk menjaga pola makan dan memilih makanan-makanan yang dapat membantu mereka dalam mengatasi penyakit ini. “Orang DM harus makan “cukup” sesuai kebutuhan tubuh, artinya mereka harus hitung dulu berapa kalori yang dibutuhkan tubuhnya, kemudian baru dikonversi ke makanan-makanan apa aja yang bisa dimakan sesuai kebutuhan tadi,” tambah mahasiswa kedokteran semester akhir di Universitas Tarumanegara Jakarta ini.

Berikut ini daftar makanan yang dianjurkan untuk penderita DM yang telah dirangkum redaksi MABMonline dari berbagai sumber studi.
1. Roti Gandum
Roti gandum terbuat dari gandum utuh yang kaya akan serat dan nutrisi lain, seperti asamlemak omega-3, chromium, folat dan magnesium. Berbagai penelitian membuktikan bahwa gandum utuh efektif dalam mengurangi resiko penyakit diabetes dan jantung. Serat pada roti gandum sangat baik bagi penderita diabetes karena mampu menghambat pelepasan kadar gula di dalam darah. Jadi, sakit diabetes atau tidak, roti gandum sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari sebagai pengganti nasi, kentang atau roti putih. (sumber: http://obatdiabetesmelitus.bloginformasiteraktual.com/)

2. Salmon
Ikan salmon kaya akan asam lemak omega-3. Tiga ons salmon mengandung omega 3 sekitar 1.800 mg. Jenis lemak sehat ini berfungsi mengurangi resiko penyakit jantung, menurunkan berat badan, mengurangi peradangan, serta memperbaiki resistensi insulin. Salmon juga kaya akan vitamin D. (sumber: http://penyakit-diabetes.com)

3. Jeruk Bali
Jeruk Bali memiliki indeks glikemik 25 per 120 gram, ini bisa membantu meningkatkan sensitivitas insulin, suatu fitur penting karena insulin membantu melepaskan gula ke dalam aliran darah dan secara langsung berdampak pada kadar gula darah. Jeruk Bali meningkatkan cadangan alkali dalam darah, yang dapat melawan tingkat keasaman diabetes pada penderita diabetes.

4. Lain-lain
Sebuah jurnal ilmiah kedokteran memuat informasi tentang tanaman yang dapat menjadi pengganti peran insulin untuk mengendalikan gula darah. Tanaman obat pengganti insulin, seperti mahkota dewa, brotowali, mengkudu, lidah buaya, pare, dan teh hijau sangat membantu, terutama untuk mengendalikan gula darah dalam jangka panjang. (sumber: http://www.fakultaskedokteran.com)

Apapun makanan yang kita makan tentunya harus diimbangi dengan penakaran gizi yang baik. Terutama bagi penderita DM harus lebih disiplin dalam menentukan makanan yang tepat untuk menjaga kondisi tubuh dalam keadaan gangguan hormon insulin. Mengonsumsi daftar makanan di atas dan berkonsultasi dengan dokter dapat menjadi solusi dalam rangka mendapatkan tubuh sehat dan bugar.

Check Also

Masyarakat Penuhi Area GOR di Akhir Pekan

Oleh Sabhan Rasyid MABMonline.org, Pontianak— Program area bebas kendaraan bermotor atau dikenal dengan Car Free …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *