Home / Jurnalisme Warga / Jalan Rusak Picu Kecelakaan

Jalan Rusak Picu Kecelakaan

JALAN: Sepanjang ruas jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo rusak parah. Tidak ada perbaikan jalan dari Pemerintah.

PONTIANAK – Pengemudi roda dua maupun roda empat sering terjebak kondisi jalan yang rusak, berlubang dan bergelombang, sehingga berakibat terjadinya kecelakaan. “Pernah terjadi kecelakaan di depan rumah saya. Saya tidak melihat secara langsung kejadiannya karena saya takut dengan kecelakaaan, yang saya tahu dari warga yang minta air putih dengan saya berkata pengemudi sepada motor itu berdarah dan butuh air untuk minum,” kata Rina warga setempat, Senin (25/2).

Rika pengguna jalan mengeluhkan rusaknya jalan Dr. Wahidin. “Padahal ini jalan yang menjadi akses ke sekolah saya. Pagi-pagi sudah terjebak macet akibat orang-orang memilih jalan yang bagus alias tidak berlubang dan tidak berbatu. Saya pernah melihat setiap jalan yang berlubang selalu ditambah aspal, ya cuma ditambah setelah itu rusak lagi,” katanya. Rika juga mengatakan ketika malam hari jalan gelap karena kurangnya penerangan lampu jalan dan banyaknya pasir yang bertebaran disepanjang jalan dan membuat jalan itu berdebu.

“Penyebab terjadinya kecelakaan bukan hanya jalan yang rusak tapi pengguna jalan tersebut yang tidak mau memilih jalan yang rusak, sehingga mereka memilih jalan yang bagus, walaupun jalan yang bagus itu bukan jalur untuk mereka gunakan dan bisa terjadi kecelakaan,” kata Iwan pengguna jalan. Lebih lanjut Iwan mengungkapkan kondisi kerusakan jalan sudah berlangsung dua tahun tidak juga kunjung membaik. “Padahal, sudah cukup sering pejabat yang melintasi kawasan ini, tetapi jalan tetap hancur. Bahkan kini kondisinya sangat memprihatinkan, rusak parah, hancur lebur seperti kubangan. Apalagi dimusim penghujan. Entah sampai kapan pemerintah menunjukkan kepeduliannya,” kata Iwan dengan kesal. Menurut Iwan ruas jalan Dr. Wahidin seakan tidak diperdulikan, kalaupun ada kepedulian, hanyalah berupa tambal yang paling hanya bertahan beberapa minggu saja. Tambal sini, berlubang di sana, tambal di sana berlubang di sini. Begitu terus sampai bosan.

Pengaspalan jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo, diungkapkan Waldi, sudah sejak lama didambakan warga. Sebab, jalan Dr. Wahidin menjadi akses jalan ke Pal, Sungai Jawi, Pangeran Natakusuma dan Danau Sentarum. “Kondisi jalan semakin hancur lantaran setiap hari jalan dilewati truk, molen atau beben roda kendaraan berat dan akan memicu terjadinya kecelakaan. Sedikit demi sedikit warga memperbaiki jalan, walaupun pakai semen dan itu pun tidak semua jalan disemen karena kurangnya biaya,” ungkapnya. Waldi mengharapkan agar pemerintah segera mengambil tindak lanjut untuk memperbaiki jalan yang rusak. (Jumiatin Asri Rahmadhanti)

Check Also

Sukan Kesehatan Muhibah Borneo “Membangun Kesehatan di wilayah Borneo”

Oleh:Gusti Ekha Firmanda Pontianak – Sukan Kesehatan Muhibah Borneo adalah pertandingan persahabatan olahraga dan seni …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *