Home / Beranda / Jepin Tali Bintang Pontianak Juara Tangkai Jepin

Jepin Tali Bintang Pontianak Juara Tangkai Jepin

mabmonline.org , Sekadau – Jepin Tali Bintang yang dibawakan oleh grup jepin dari MABM Pontianak menjadi pemenang utama Tangkai Jepin, Kamis malam, (8/11) di lapangan E.J Lantu Sekadau.

Perhelatan Tangkai Jepin yang ditonton ratusan masyarakat di lapangan E.J Lantu memberikan tontonan yang menghibur. Sesekali penonton ikut melantunkan lagu pengiring yang dibawakan grup jepin. Kebanyakan penonton terpukau dengan aksi jepin yang beragam.

Jepin yang diiringi musik dengan tige beruas, satu gambus, satu biola, dan pelantun memikat hati juri menjadi pemenang. Selain itu penjepin dari grup Pontianak sesuai kriteria penilaian.

Penampilan semua grup jepin sangat bagus. Setiap daerah memiliki khas tersendiri. Namun disayangkan tidak semua grup menuliskan sumber jepin. Seperti yang diungkapkan Ismunandar, “Tidak banyak yang menuliskan sumber jepin, baik pembuat jepin, tempat dan dimainkan saat acara apa.”

Selain itu, pembawaan penjepin menyuguhkan gerakan yang indah, kompak, dan tidak berlebihan menunjukkan originalitas gerakan jepin tersebut. “Kami melihat originalitas gerakan. Mana yang masih asli. Selain itu, pembawaan penjepin saat di atas panggung terkait kekompakan dan estetik. Ada juga usaha menciptakan rasa yang tidak berlebihan dari penjepin.” Lanjut Ismunandar.

Gerakan yang dibawakan ternyata tidak semudah yang disaksikan. Perlunya latihan untuk kekompakan sehingga gerakan berlangsung indah. Menurut penjepin, Aan (28), “bagian yang sulit itu saat mengikat simpul dan membuka simpul. Kalau tidak teliti dan kompak, tali bisa berbilit.”

“Harapan besar kami, semoga jepin di kalbar bisa dikenal didunia. Jika ada tarian jepin yang belum diketahui, mesti digali sumber jepin tersebut untuk memperkaya jepin di kalbar.” Tutur Aan.

Nilai yang dirah grup jepin Pontianak, yaitu 1060. Nilai yang beda 55 poin dengan Kabupaten Sanggau.

Check Also

Antusias Perempuan Melayu Mengikuti Ekshibisi Masakan Melayu

mabmonline.org , Sekadau – Ekshibisi masakan melayu diikuti perempuan melayu dari delapan MABM kabupaten di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *