Home / headline / Kapolda Kalbar Respon Pertanyaan dari Tokoh Melayu

Kapolda Kalbar Respon Pertanyaan dari Tokoh Melayu

Seorang tokoh Melayu sedang mengajukan pertanyaan kepada Kapolda
Seorang tokoh Melayu sedang mengajukan pertanyaan kepada Kapolda

Oleh Sabhan Rasyid

MABMonline.org, Pontianak— Kapolda Kalimantan Barat, Brigjen Arief Sulistyanto bersama rombongan berkunjung ke Balai Kerja MABMKB. Kunjungan tersebut dalam rangka silaturahim bersama tokoh Melayu Kalbar. Kegiatan silaturahim yang mengagendakan diskusi bersama Kapolda tersebut dihadiri oleh tokoh Melayu, tokoh wanita, anggota kepolisian dari Mapolda Kalbar, Kapolres Kota Pontianak, serta awak media.

Dalam kegiatan silaturahim yang berlangsung selama dua jam tersebut, Kapolda Kalbar mendapatkan beragam masukan dan pertanyaan dari tokoh Melayu yang hadir. Semua pertanyaa tersebut dijawab dan diberikan gambaran solusi langsung dari Kapolda.

Pertanyaan yang diajukan, yaitu terkait hukum tanpa moralitas yang merupakan pertanyaan yang juga pernah disampaikan kepada Kapolda Kalbar sebelumnya. Kapolda merespon pertanyaan tersebut dengan mempertegas bahwa akan dibangun sistem yang teratur dan baik agar pelayanan dan kinerja dari polisi dapat lebih maksimal. “Saya ingin membangun sistem dan kuncinya adalah leadership,” ungkap Kapolda.

Pertanyaan lain adalah terkait kondisi lalu lintas di Kota Pontianak yang dinilai masih kurang tertib khususnya di traffic light. Kapolda menjelaskan bahwa persoalan lalu lintas hanya dapat dilesaikan dengan cara memperbaiki seluruh proses dari hulu sampai hilir. Artinya, mulai dari pengendara sampai kelengkapan lalu lintas harus diperbaiki. “Pembenahan lalu lintas harus menyeluruh, polisi akan memperketat proses pemerolehan SIM, pengujian yang benar, tidak mendapatkan SIM dengan menyogok, dan yang tidak lulus harus dinyatakan tidak lulus,” papar Kapolda kepada seluruh hadirin.

Pertanyaan lain yang diajukan oleh hadirin, yaitu suap-menyuap dalam perekrutan polisi. Hal yang sudah sangat menghawatirkan ini akan segera dihilangkan secara utuh oleh Kapolda Kalbar yang baru. Seluruh proses rekrutmen akan diawasi dan dilaksanakan dengan transparan. Kapolda juga mengungkapkan bahwa ada perjanjian dari calon polisi dan Kapolda. Calon polisi yang berusaha berbuat curang akan dihapus dari daftar rekrutmen. “Selama saya Kapolda, saya akan usahakan tiada suap dalam proses rekrutmen polisi, masyarakat juga harus waspada karena banyak penipu yang mengatasnamakan polisi,” papar Kapolda Kalbar.

Pada akhir respon Kapolda terhadap berbagai pertanyaan, Kapolda menyampaikan harapan kepada tokoh masyarakat agar selalu memberikan dukungan dan doa restu kepada pihak kepolisian agar perbaikan-perbaikan dapat terus dilakukan dan pelayanan masyarakat dapat lancar dan berhasil. “Saya mohon doa restu kepada semua agar semua komitmen kami berjalan lancar dan semuanya dapat dituntaskan,” pungkas Brigjen Arief Sulistyanto kepada seluruh hadirin.

 

Check Also

Memperkenalkan Upacara Adat Melayu dari Setiap Daerah di Ekshibisi Adat

mabmonline.org , Sekadau – Ekshibisi upacara adat Melayu yang diikuti enam kontingen telah terlaksana di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *