Home / FSBM X / Kapuas Hulu Siapkan 1100 Batang Kerupuk Basah untuk Pembukaan FSBM X

Kapuas Hulu Siapkan 1100 Batang Kerupuk Basah untuk Pembukaan FSBM X

Oleh Mariyadi

MABMonline.org, Kapuas Hulu—Untuk menyambut para peserta dan undangan pada pembukaan Festival Budaya Melayu X, panitia penyenggara dari Kapuas Hulu akan menyiapkan 1100 batang Kerupuk Basah khas Kapuas Hulu.

“Kalau di Sambas ada bubur pedas, nanti kita buatkan 1100 batang kerupuk basah,” ungkap Nusantara, Ketua Harian Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) Kapuas Hulu,  yang diwawancarai via handphone, Rabu (26/11/2014).

Menurut Nusantara, pada pembukaan nanti pihak panitia akan menyuguhkan 1100 batang kerupuk basah sebagai kuliner khas di Kapuas Hulu. Dalam penyediaannya, ia melibatkan beberapa orang yang memang telah mahir dalam membuat kerupuk basah.

Hal tersebut dibenarkan A.R Muzammil, Ketua Panitia Pengarah FSBM X. Ia mengatakan, Kapuas Hulu—dalam bidang kuliner—memang  terkenal dengan kerupuk basahnya. Tidak hal kalau panitia FSBM di sana menyiapkan 1100 batang kerupuk basah sebagai ciri khas mereka. “Tidak hanya itu, Kapuas Hulu juga terkenal dengan taman nasional Danau Sentarum dan penghasil arwana  terbesar,” ungkapnya saat diwawancarai disela kesibukan mengajar di Kampus FKIP Untan, Pontianak, Rabu (26/11/2014).

FSBM adalah acara tahunan MABM Kalimantan Barat dan MABM kota/kabupaten. Acara tersebut akan dilaksanakan pada 18 s.d. 23 Desember 2014 di Kapuas Hulu. Tema yang diangkat kali yakni, ”Adat Ditata Budaya Dibina”. Pada acara tersebut akan ada pertandingan dan pertunjukan, Jadwal acara dan jenis acaranya dapat dilihat di link: http://mabmonline.org/berikut-jadwal-kegiatan-fsbm-x/

Check Also

MABM Kapuas Hulu Juara Umum FSBM X

Oleh Sabhan Rasyid MABMonline.org, Putussibau– Seluruh rangkaian FSBM X di Kapuas Hulu berakhir malam ini. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *