Home / FSBM IX / Karman: Kita Merasa Sangat Puas dengan Kinerja Dewan Juri

Karman: Kita Merasa Sangat Puas dengan Kinerja Dewan Juri

Tiga dewan juri sedang mengumumkan pemenang Lomba Tangkai Vokal Grup.
Tiga dewan juri sedang mengumumkan pemenang Lomba Tangkai Vokal Grup.

Oleh Mariyadi

MABMonline.org, Sambas—Karman, ketua panitia Festival Seni Budaya Melayu (FSBM) ke-IX, merasa puas dengan kinerja juri saat menilai seluruh kelompok peserta dari masing-masing kabupaten/kota saat bertanding dalam Lomba Tangkai Vokal Grup pada Senin malam, (26/08). “Alhamdulillah kita juga merasa puas dengan juri yang sangat luar biasa saat menilai penampilan peserta,” ungkap Karman.

Ini dikemukakan Karman saat diminta pendapat mengenai hasil lomba. Ia juga mengatakan puas saat menilai penampilan peserta.  Baik itu dari segi suara, penampilan, dan instrumen yang ditampilkan.“Kita telah memberikan syarat sejak jauh hari.”

Mengenai peserta yang hanya terdaftar 6  kelompok, Karman menjelaskan bahwa panitia telah memberikan info dan syarat jauh hari sebelum acara dimulai. Banyak hal yang mungkin membuat kabupaten/kota yang lain tidak bisa ikut. Baik itu dari kesiapan, Sumber Daya Manusia, logistik dan banyak lagi.

Menurut Rifai, Ada peserta yang sudah berhasil menampilkan kreasi terbaik sehingga tidak monoton untuk disaksikan. “Kami berupaya semaksimal mungkin untuk menilai para peserta. Bekerja keras untuk menjadi yang terbaik,” ungkap Rifa’i, Ketua dewan Juri.

Namun sebaik apapun latihan, hasil akhir adalah apa yang didengar. Jika mikropon tidak maksimal digunakan, maka hasilnya juga tidak baik. Ada juga yang kreasinya kurang, namun mereka punya kekompakan saat bermain. Rifai mengungkapkan, para juri sangat bekerja keras dalam menilai peserta yang bertanding. Para peserta juga sangat antusias mengikuti lomba. Namun, ada kendala kecil di antaranya Sound Sistem tidak terlalu maksimal saat mereka gunakan.

Adapun juara Lomba Tangkai Vokal Grup adalah: Juara harapan 3 (Juara 6)  dimenangkan oleh peserta dari Kabupaten Bengkayang; Juara harapan 2 (Juara 5) dimenangkan oleh peserta dari Kabupaten Kapuas hulu; Juara harapan 1 (Juara 4) dimenangkan oleh peserta dari Kabupaten Sambas.

Sedangkan Juara 3 dimenangkan oleh peserta dari Kabupaten Sintang; Juara 2 dimenangkan oleh peserta dari Kota Pontianak; Juara 1 dimenangkan oleh peserta dari Kota Singkawang.

Tahniah!

Check Also

Harmonisasi dalam Hadrah Menjadikan Sanggau Juara

mabmonline.org , Sekadau – Harmonisasi hadrah yang disuguhkan grup Sanggau memukau Juri sehingga patut menjadi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *