Home / Beranda / Karya Andy Dwi Pikat Juri Sayembara

Karya Andy Dwi Pikat Juri Sayembara

piala bergilir FSBM Kapuas Hulu
Oleh Sabhan Rasyid

MABMonline.org, Pontianak—Ketua Majelis Adat dan Budaya Melayu (MABM) Kalimantan Barat, Chairil Effendy, saat diwawancarai di Rumah Melayu mengemukakan bahwa Festival Seni Budaya Melayu 2014 di Kabupaten Kapuas Hulu akan memperebutkan piala bergilir terbaru yang sangat bagus dan sarat filosofi Melayu. “Alhamdulillah, MABM punya piala juara umum baru yang desainnya sangat mengagumkan dan sarat dengan nilai estetika Melayu,” ujar mantan Rektor Untan ini.

Lebih lanjut Chairil mengemukakan bahwa desain piala ini hasil sayembara terbuka yang diadakan oleh MABM KB.  Tercatat 8 peserta yang mengikuti sayembara ini. Sebagian peserta bahkan mengirimkan lebih dari satu desain. “Saya dan tim penilai terkesan dengan desain Andy Dwi Tjahyono yang piawai mendesain piala dengan memuat filosofi Melayu,” ungkap Chairil. Oleh karena itu lebih lanjut Chairil menegaskan bahwa Pengurus MABM KB memutuskan desain Andi yang telah mencuri perhatian tim penilai ditetapkan sebagai pemenang dan berhak atas hadiah sebesar 5 juta rupiah. Selain itu, sayembara ini juga akan memberikan hadiah hiburan kepada Faisal dari Rumah Budaya Pusaka Pemangkat.

Dalam desain yang dikirimkan Andi ke panitia, ia melukiskan 6 tingkat piala. Menurut Andi piala ini dibangun oleh Base/landasan berbentuk bintang pijar enam yang menyimbolkan rukun iman. Di bagian atas landasan terdapat 5 pilar yang menyimbolkan rukun Islam. Di bagian atas lima pilar terdapat rehal dan kitab sebagai simbolisasi ilmu pengetahuan. Di atas rehal dan kitab terdapat keris berdiri teguh sebagai lambang keberanian dan simbolisasi kuatnya karakter dan budaya insan Melayu dengan bentuk lekuk sembilan yang bermakna kesempurnaan. Selanjutnya, dua tiang melingkar ke atas sebagai penyangga tanjak melambangkan dua unsur estetika dan seni keindahan Melayu, yaitu husn dan jamal. Tanjak yang dilengkapi dengan lambang Festival Seni Budaya Melayu (FSBM) sebagai simbolisasi mahkota dan kehormatan orang Melayu.

A. R. Muzammil selaku Ketua SC Festival Seni dan Budaya Melayu 2014 menyambut baik adanya piala bergilir terbaru bagi juara umum. Mantan Ketua KPU Kalbar ini berharap piala juara umum yang desainnya ekslusif ini dapat memotivasi kontingen kabupaten/kota lebih bersemangat untuk tampil lebih baik.

Check Also

Sultan Hamid II, Sang Perancang Lambang Negara yang Terlupakan

Oleh: Nur Iskandar Tepat di hari Kartini, (21/4), Seminar Nasional Meluruskan Sejarah Sultan Hamid Sebagai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *