Home / Beranda / Kayong Utara Pemenang Tangkai Lomba Bertutur

Kayong Utara Pemenang Tangkai Lomba Bertutur

mabmonline.org – Hidayat (16) merupakan peserta kontingen dari Kayong Utara yang meraih juara pertama dalam tangkai lomba bertutur di Keraton Sekadau (6/11).

Latihan yang terus-menerus dilakukan Hidayat sebelum mengikuti tangkai lomba bertutur. “Belajar bertutur dari youtube dan dilatih oleh bapak. Kami latihan sudah berulang kali dengan bapak.”

Hidayat sudah pernah menang bertutur di tingkat kabupaten Se-Kayong Utara sebagai juara satu. Keinginannya bertambah jauh untuk bisa tampil ketingkat provinsi, nasional, bahkan internasional. “Saye pernah ikut lomba bertutur di kayong utara sebagai pemenang, selain itu menang berbalas pantun sebagai juara se-Kayong Utara. Ingin juga menang tingkat nasional.”

 

Pemenang tangkai lomba bertutur berfoto bersama juri

 

Juri menyampaikan beberapa catatan dan kriteria yang dimiliki pemenang dalam menampilkan cerita asli daerah. Begitu juga cerita yang ditampilkan Hidayat merupakan cerita asli Kayong Utara turun-temurun dari keluarga. “Cerite ini didapat dari neneknye bapak, neneknye bapak dapat dari emaknye.”

Begitu juga yang disampaikan oleh Jamhuri, sebagai pendamping dan sekaligus sebagai ayah Hidayat bahwa cerite disampaikan lisan oleh keluarga, “Cerite Cupak, Gantang, dan Nek Gergasi dituturkan nenek saya. Nenek saye cerite pada umak saye. Umak saye ni cerite ke anak saye.” Jelasnya.

Hidayat dan pendampingnya sudah berusaha dan tak menyangka menjadi juara bertutur. “Kami ndak nyangke bise menang. Tapi kami sudah berusaha menampilkan terbaik dengan ape adenye cerite dan penampilan.” Tutur Pak Lang, panggilan akrab beliau.

Jamhuri sebagai pendamping beberapa tangkai lomba memiliki harapan besar untuk bise menang tangkai lomba yang peserta didampinginya. “Saye memiliki target menang tangkai lomba pantun dan lomba syair. Maoknye bah menang juare umum. Mohon doa.” ungkap Jamhuri.

Check Also

Tarian Tanda’ Sambas Wajib Dilestarikan Oleh Pemuda

Oleh Asmirizani MABMonline.org, Sambas— Workshop tarian Tanda’ Sambas dilaksanakan di pentas kantor Bupati Sambas pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *