Home / Jurnalisme Warga / Kebersihan TPS Pasar Flamboyan

Kebersihan TPS Pasar Flamboyan

Gambar : TPS Pasar Flamboyan.
Gambar : TPS Pasar Flamboyan.

Oleh Siska Rahmawati

MABMonline.org, Pontianak–Tempat Penampungan Sementara Pasar Flamboyan atau TPS, merupakan pasar semi permanen yang dibangun oleh Pemda Kota Pontianak untuk menampung para pedagang pasar yang sebelumnya berjualan di Pasar Flamboyan. TPS ini terletak di Jalan Veteran, dan kurang lebih selama enam bulan ini mampu menampung sebagian besar pedagang yang sebelumnya berjualan di Pasar Flamboyan yang saat ini tengah direhab. TPS ini dibangun lebih rapi tata letaknya dan terjaga kebersihannya.

Para pedagang dan pengunjung pasar juga merasakan kenyamanan saat  bertransaksi, karena lantai-lantai pasar bersih dan tidak berlumpur seperti pasar sebelumnya yang saat ini tengah dalam proses pembangunan. Satu diantara pedagang pasar  Asan (22) saat ditemui kemarin (20/3) mengungkapkan pernyataanya “Pasar sekarang jauh lebih bersih dibandingkan pasar yang lama, pasar yang lama itu tidak akan bisa bersih karena selalu becek terus. Petugas kebersihan di sini juga nonstop bekerja, sehingga keadaan pasar selalu tetap bersih dan kalaupun kotor tidak terlalu parah,” ujar pedagang telur ayam ini.

Selain itu para pembeli di TPS Flamboyan ini juga menyatakan bahwa pasar lebih bersih dan nyaman, sehingga lebih fokus berbelanjan. Beliau berharap agar pasar yang saat ini tengah dibangun akan lebih bersih, nyaman, dan fokus tata letaknya sehingga semakin mempermudah pembeli dalam berbelanja.

Di TPS ini para petugas kebersihan dan petugas keamanan di naungi oleh Asosiasi Pasar Flamboyan. Asosiasi ini telah disahkan oleh Disperindag Kota Pontianak pada tanggal 26 Desember tahun lalu. Asosiasi ini didirikan atas permintaan para pedagang yang menginginkan adanya lembaga yang menaungi mereka. Sehingga dapat mengurusi masalah-masalah yang tidak bisa para padagang urus sendiri.

Asosiasi ini dibendaharai oleh Syarif Usman (42 th). “Kebersihan di pasar saat ini memang lebih diperhatikan. Bukan berarti di pasar yang dulu tidak, tapi dulu itu pasar becek bahkan pembeli sampai memakai sepatu boat kalau ke pasar. Tapi kalau di TPS ini lantai terbuat dari papan dan petugas kebersihan bekerja dari pukul 9 pagi hingga pukul 1 siang,” ucap pedagang ikan ini.

“Insya Allah pasar yang akan di bangun ini akan seperti di TPS ini, akan lebih bersih dan lebih baik lagi. Kita sekarang bisa lihat atap pasar sudah jadi. Kemungkinan sebelum puasa kita sudah pindah kesana,” pungkas Syarif Usman.

Akhyari (50 th) satu diantara petugas kebersihan TPS Pasar Flamboyan menyatakan “Pekerjaan di sini sama-sama berat dengan saat di Pasar Flamboyan sebelumnya. Sampah-sampah yang kami kumpulkan di sini kemudian akan dibawa Dinas Kebersihan Kota Pontianak ke TPA Siantan,” ungkap bapak yang telah bekerja di Flamboyan sejak tahun 80-an ini.

Suami dari Sumiati ini juga menambahkan “Penghasilan kami sebagai petugas kebersihan di sini lebih baik sejak kami berada di bawah asosiasi. Dulu di sana hanya 700ribu, kalau di sini 800ribu. Tapi semua itu harus disyukuri.

Check Also

Karman: Kita Merasa Sangat Puas dengan Kinerja Dewan Juri

Oleh Mariyadi MABMonline.org, Sambas—Karman, ketua panitia Festival Seni Budaya Melayu (FSBM) ke-IX, merasa puas dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *