Home / Jurnalisme Warga / Kelepon, Si Imut yang Legit

Kelepon, Si Imut yang Legit

Oleh Taazmiyah

Pontianak–Jika mendengar nama makanan tradisional yang satu ini, emm tentu saja kita akan mengingat dan membayangkan rasanya yang sangat legit, berbentuk seperti bola–bola kecil dengan tekstur yang imut, ya si imut yang legit itu adalah kelepon jajanan pasar yang sudah mulai jarang ditemui. Kelepon adalah makanan tradisional yang termasuk jajanan pasar, kelepon terbuat dari tepung beras ketan dan bisa juga dari singkong. Rasanya yang legit membuat siapa saja yang mencicipinya ketagihan dengan rasa manis yang berasal dari gula merah yang ada dalam kelepon, rasa gurih dari parutan kelapanya membuat  lidah terus dan terus mengunyahnya.

“Membuat kelepon sangatlah mudah, pertama-tama kita membuat adonan dulu dari tepung beras ketan, kemudian dibentuk seperti bola–bola kecil dan diisi oleh gula merah lalu direbus dalam air mendidih,” ujar Zahara membuat saya untuk tak sabar ingin berburu jajanan pasar ini.

“Tahap selanjutnya kelepon yang sudah masak lalu digelindingkan di atas parutan kelapa agar melekat, sehingga kelepon nampak berbalur parutan kelapa,” kata Zahra.

Agar lebih menarik kelepon diberi pewarnaan. Biasanya warna hijau, warna hijau pada kelepon berasal dari daun pandan bisa juga menggunakan daun katok/daun sager. Biasanya kelepon diletakkan di dalam wadah yang terbuat dari daun pisang, dijejerkan dengan rapi agar tampilan si imut yang legit ini menarik, apalagi ditambah dengan aroma pandan, emmyumi kelepon siap menggoyang lidah.

Check Also

Sigondah: Meriam Dahsyat Peninggalan Kerajaan Mempawah

Oleh Kinanti Wulandari Hijau dan damai, kata yang dapat mewakili suasana di tempat ini. Suara burung-burung …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *