Home / Beranda / Kerja Sama Semua Pihak Wujudkan Sambas Sebagai Warisan Budaya Dunia

Kerja Sama Semua Pihak Wujudkan Sambas Sebagai Warisan Budaya Dunia

Oleh Asmirizani

MABMonline.org, Sambas -Pagi jumat, (30/8), peserta seminar memenuhi kursi kosong di aula DPRD Sambas. Peserta rela datang meski hujan gerimis membasahi Kabupaten Sambas. Peserta antusias mendengarkan pembukaan seminar dan mengikuti jalannya seminar dengan saksama. Gedung aula DPRD penuh diisi oleh peserta seminar dari beberapa perwakilan di antaranya MABM kabupaten/ kota, MABM Pusat, mahasiswa, pendidik, dan instansi terkait.

Acara seminar berlangsung pukul 08.00  hingga pukul 11.00 dan dilanjutkan setelah shalat Jum’at hingga sore hari. Seminar FSBM IX mengangkat tema “Menggagas Sambas Sebagai Kota Warisan Budaya Dunia.” Seminar dimoderatori oleh AR Muzamil, tokoh Kapuas Hulu yang merupakan mantan Ketua KPU Kalbar.

Dua orang panelis yang sangat kompeten di bidangnya memaparkan materi. Panelis pertama, Zairin Zain, Dosen Fakultas Teknik Untan, memaparkan judul makalah “Strategi Perlindungan Terhadap Arsitektur Tradisional Sambas Sebagai Upaya Pelestarian Cagar Dunia”. Panelis kedua, Erwin Mahrus, dosen STAIN Pontianak, memaparkan judul makalah, “Tamadun Islam di Kerajaan Sambas (1631-1950); Mengagas Sambas Sebagai Kota Warisan Budaya Dunia”

Harus adanya kerja sama antara pihak terkait dan masyarakat untuk menjadikan Sambas sebagai  kota warisan budaya dunia. “Saya sangat mendukung gagasan tersebut. Mudah-mudahan gagasan tersebut akan menjadi kenyataan. Harus ada kerjasama dari pihak terkait, eksekutif, legislatif, dan masyarakat. Kalau tidak ada kerja sama, kami yakin tidak akan terwujud. Tetapi kalau ada kerja sama yang baik, saya yakin itu bisa terwujud,” ungkap seorang anggota DPRD Sambas yang menghadiri seminar.

“Kita gandeng perguruan tinggi yang ada di daerah untuk memujudkan gagasan ini. Tentunya perlu kerja sama masyarakat dan pihak-pihak terkait,” ujar Pabali Musa, wakil bupati Sambas.

Check Also

Jepin Tali Bintang Pontianak Juara Tangkai Jepin

mabmonline.org , Sekadau – Jepin Tali Bintang yang dibawakan oleh grup jepin dari MABM Pontianak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *