Home / Jurnalisme Warga / Kerupuk Basah, Penganan Andalan Kapuas Hulu

Kerupuk Basah, Penganan Andalan Kapuas Hulu

Oleh Sri Wahyuni

Pontianak– Saat saya mendengar nama Kapuas Hulu, terbesit nama penganan khas dari sana: Kerupuk Basah. Ya kerupuk, Ya basah. Kerupuk selalu identik dengan penganan yang digoreng garing, crispy dan harus ‘kriuk-kriuk’ saat dimakan. Apakah kerupuk ini disiram kuah sehingga menjadi basah? Tentu saja tidak, karena kerupuk basah khas daerah hulu Sungai Kapuas tepatnya di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat ini memang dibuat tidak untuk dijadikan ‘kerupuk’, melainkan disajikan langsung tanpa melalui proses dijemur dan digoreng sepertinya lazimnya pembuatan kerupuk lainnya.

Bu Nina yang merupakan warga asli Kapuas Hulu mengatakan, “Kerupuk basah biasa dibuat dengan bahan dasar ikan air tawar.  Namun jenis ikan yang paling lezat di lidah adalah ikan belidak.”

Ikan eksotik ini banyak dijumpai di sekitar Danau Sentarum. Makanan ini terbilang unik dan sederhana, sedikit kenyal namun gurih  dengan cita rasa ikan air tawar yang terasa khas di lidah. Biasanya Kerupuk Basah disajikan dengan sambal. Di kalangan masyarakat Kapuas Hulu khususnya di kawasan Danau Sentarum, makanan ini sangat popular dan menjadi sajian utama kala menjamu tamu.

Anda mau mencoba membuat makanan khas dari ujung Kalimantan Barat ini? Berikut resep membuatnya yang diberikan langsung dari bu Nina, sang penjual kerupuk basah.

kuliner khas Kapuas Hulu
kerupuk basah kapuas hulu

RESEP KERUPUK BASAH
Bahan-Bahan :
– 1 Kg Daging ikan belidak segar (dapat diganti dengan ikan Tenggiri)
– 500 Gr Tepung sagu/kanji putih
– 6 Siung bawang putih ditumbuk halus
– ½ Sdk makan merica bubuk
– 3-4 Gelas air
– Garam secukupnya
– Penyedap rasa sesuai selera.

Bahan Sambal :
10 buah cabe rawit merah; 200 Gr kacang tanah goreng tanpa kulit; Gula pasir secukupnya; Garam secukupnya; Penyedap rasa sesuai selera.

Cara membuat kerupuk basah
Daging ikan, air, bawang putih, merica, garam & penyedap rasa diaduk sampai rata.  Sesudah rata masukkan tepung sagu sedikit demi sedikit sampai kenyal dan dapat dibentuk bulat panjang.
Setelah selesai dibentuk,  masukkan ke dalam air yang mendidih, tunggu 30-40 menit hingga mengapung baru diangkat.
Kerupuk basah bisa dimakan langsung atau digoreng lagi. Pada adonan kerupuk basah dapat ditambahkan irisan daun bawang/seledri.

Cara membuat sambal
Tumbuk cabe rawit dan kacang tanah goreng sampai halus, setelah halus masukan air panas secukupnya jangan terlalu kental dan terlalu cair. Tambahkan garam, gula dan penyedap rasa.
Sambal juga bisa ditumis (biar awet/tidak mudah basi) tinggal ditambah bawang merah & bawang putih (bawang merah 2 bh, bawang putih 1 biji).

Demikianlah resep dan cara membuat krupuk basah yang lezat dan nikmat. Selamat mencoba.

kuliner melayu kapuas hulu:

Setelah berbagi tulisan ini di Facebook MABM Kalimantan Barat, ada beberapa rekomendasi tempat dari para pembaca:

  1. Jalan Suwignyo, depan Indomaret
  2. Jalan Sumatera, depan SMA 1 Pontianak
  3. Silakan tambah tempat lainnya di kolom komentar…

Check Also

Sigondah: Meriam Dahsyat Peninggalan Kerajaan Mempawah

Oleh Kinanti Wulandari Hijau dan damai, kata yang dapat mewakili suasana di tempat ini. Suara burung-burung …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *