Home / FSBM XII / Ketum MABM: Manfaatkan Teknologi Demi Kebudayaan Melayu

Ketum MABM: Manfaatkan Teknologi Demi Kebudayaan Melayu

mabmonline.org,sekadau—Chairil Effendy, Ketua Umum Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) mengharapkan masyarakat Melayu dapat memaksimalkan pemanfaatan teknologi untuk kebudayaan.

“Perubahan dipercepat dengan tekonologi, apa saja bisa dibagi ke masyarakat dunia,” ungkap Chairil saat memberikan sambutan pada acara Seminar Melayu Gemilang, Festival Seni Budaya Melayu di Aula Keraton Kusuma Negara Sekadau, Sabtu (10/11).

Menurut Charil, saat ini perkembang di bidang teknologi yang semakin cepat. Hal tersebut semakin mempercepat pula perubahan dunia. Dengan teknologi yang canggih sekarang, semua dapat dibagi ke masyarakat dunia. Maka dari itu, masyarakat Melayu sudah seharusnya memanfaatkan tenknologi yang serba canggih ini untuk kepentingan budaya Melayu pula. Masyarakat dapat menganalkan produk Melayu ke pasar global.

“Gunakan media sosial untuk mengenalkan produk Melayu ke dunia,” ungkap Chairil.

Charil mengatakan, masyarakat Melayu memasukkan konten ke-Melayuan di media sosial sehingga lebih memartabatkan budaya Melayu. Selain itu, masyarakat hendaknya memaksimalkan fungsi media sosial untuk mengenalkan produk daerah ke pasar yang lebih luas agar produk-produk yang dihasilkan dapat mendunia.

“Sekarang ini, dunia berlari cepat ketimbang kebutuhan manusia itu sendiri,” ungkap Chairil.

Chairil mengatakan bahwa di zaman postmodernisme ini, teknologi terus bekembang pesat sehingga melewati kebutuhan manusia. Dengan itu, masyarakat harus jeli dan harus cerdas dalam memanfaatkan perkembangan tersbut terutama untuk perkembangan budaya Melayu sendiri.

 

Check Also

Jepin Tali Bintang Pontianak Juara Tangkai Jepin

mabmonline.org , Sekadau – Jepin Tali Bintang yang dibawakan oleh grup jepin dari MABM Pontianak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *