Home / Beranda / Kashmir: Karakter Bangsa Harus Ditanamkan

Kashmir: Karakter Bangsa Harus Ditanamkan

Oleh Mariyadi

Sambutan Ketua Harian MABMKB  (Foto Gusti Iwan)
Sambutan Ketua Harian MABMKB
(Foto Gusti Iwan)


MABMonline.org, Pontianak—
“Karakter bangsa bukan nasib, bukan takdir, bukan sesuatu yang tersedia dengan sendirinya.” Demikian ungkap Kashmir Bafiroes selaku Ketua Harian MABM KB dalam kata sambutannya pada pembukaan Malam Budaya yang diadakan Majelis Adat Budaya Melayu Kalimantan Barat (MABM KB) dengan difasilitasi Ditjen Nilai Sejarah dan Budaya-Pusat Pengembangan SDM Kemendikbud RI, di Rumah Adat Melayu, Jumat malam (6/12),

Menurut Kashmir, karakter bangsa harus ditanamkan di dalam diri anak bangsa. Ia adalah ikhtiar, tugas yang harus dijalankan bersama oleh seluruh elemen bangsa. Beliau juga mengatakan karakter bangsa harus diinternalisasi, dibangun dan dibentuk di dalam diri anak bangsa terutama nilai-nilai budaya.

Kashmir mengatakan, acara malam ini sesuai dengan visi dan misi MABM KB  untuk terus menggali, melestarikan dan mengembangkan budaya Melayu yang belakangan ini mulai tergerus oleh era modernisasi. “Seperti yang kita tahu masyarakat saat ini sepertinya kehilangan jati diri dan lupa dengan budaya bangsanya,” pungkas Kashmir.

Kashmir juga mengatakan bahwa dalam kesempatan yang berbahagia ini, MABM KB mengajak mulai dari sekarang dan untuk kita semua, mari kita junjung tinggi budaya kita, budaya Melayu, cintai dan hargai budaya kita.

Check Also

Kain Tenun Sambas

Kain Tenun Sambas yang biasa di sebut ” Kain Lunggi ” atau Kain Benang Emas. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *