Home / Beranda / Konfirmasi Kehadiran, Sepuluh MABM Kota/Kabupaten Pastikan Hadir FSBM X

Konfirmasi Kehadiran, Sepuluh MABM Kota/Kabupaten Pastikan Hadir FSBM X

Oleh Mariyadi

MABMonline.org, Pontianak—Saat ditanya perihal kehadiran pada Festival Seni Budaya Melayu X, enam Pengurus Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) Kabupaten/Kota, yakni Sambas, Bengkayang, Sekadau, Sintang, Melawi, dan Pontianak memastikan diri untuk hadir dalam acara yang akan diselengarakan di Kapuas Hulu tersebut.

“Kita pastikan hadir. Kisaran peserta sekitar 70 orang,” ungkap M. Isra’ Ridwan, Sekretaris MABM Kabupaten Sambas yang dikonfirmasi via handphone, Kamis, (4/12).

Menurut Isra, peserta maupun pengurus MABM Kabupaten Sambas akan berangkat pada Selasa, 16 Desember nanti. Tidak semua tangkai akan mereka ikuti karena kendala jarak dan pendanaan. Namun, mereka memastikan akan hadir dalam acara tersebut.

Isra mengatakan, MABM Kabupaten Sambas akan mengikuti 10 tangkai lomba di antaranya Lomba Sampan Bidar, Seni Pencak Silat, Jepin Tradisional, Syair Melayu, dan Bertutur. “Kita akan bawa Jepin dari Tebas,” ungkap Isra.

Pernyataan serupa diungkapkan Darmawan, Ketua Harian MABM Kabupaten Bengkayang. Ia mengatakan MABM Kabupaten Bengkayang pasti hadir dalam acara tersebut. Sekitar 50 orang peserta akan berangkat pada Selasa, 16 Desember nanti. “Kita pasti hadir dan akan ikut 6 tangkai lomba,” tambahnya.

Menurut Darwamawan, MABM Kabupaten Bengkayang akan mengikuti enam tangkai lomba yakni Jepin, Vokal, Gasing, Motif Melayu, Vokal Solo, dan Rias Penganti.

Begitu juga yang dikatakan Sunardi, Ketua Harian MABM Kabupaten Sekadau. Ia memastikan bahwa pihaknya akan berpartisipasi dalam FSBM X Kapuas Hulu. Pihaknya juga akan berangkat pada pada Selasa, 16 Desember nanti. “Kita hadir 86 orang. Ikut dalam 6 tangkai,” tambahnya saat diwawancarai via handphone, Kamis, (4/12).

“Kita akan hadir. Insya Allah berangkat tanggal 17,” ungkap Junaidi, Ketua Harian MABM Sintang saat diwawancarai via handphone, Kamis, 4/12/14.

Menurut Junaidi, pihak MABM Sintang yang berjumlah sekitar seratus lebih peserta akan berangkat pada hari Rabu. Pihaknya juga memastikan diri untuk mengikuti 13 tangkai yang diperlombakan.

Ketua MABM Melawi yang juga dikonfirmasi via handphone, mengatakan bahwa pihaknya beserta 80 peserta akan berangkat pada Selasa 16 Desember nanti. Pihaknya juga memastikan akan ikuti 11 cabang lomba dalam acara tersebut.

Peserta dari MABM Kota Pontianak yang berjumlah 70 orang  juga akan berangkat pada Selasa 16 Desember nanti. Pihaknya akan dilepas langsung oleh Wali Kota Pontianak. “Untuk tangkai kita belum pasti, tergantung dengan kesiapan nanti,” ungkap Irham, Sekretaris MAMB Kota Pontianak yang dikonfirmasi via handphone Kamis, (4/12).

Untuk kehadiran seluruh MABM kabupaten/kota, beberapa masih diusahakan untuk dihubungi, yakni MABM Kota Singkawang, Ketapang, dan Kubu Raya.  Namun berdasarkan konfirmasi terakhir, sepuluh DPP MABM kabupaten/kota memastikan diri hadir, termasuk juga Landak, Sanggau, Mempawah, dan Kayong Utara.

Check Also

Tarian Tanda’ Sambas Wajib Dilestarikan Oleh Pemuda

Oleh Asmirizani MABMonline.org, Sambas— Workshop tarian Tanda’ Sambas dilaksanakan di pentas kantor Bupati Sambas pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *