Home / Jurnalisme Warga / KSR PMI Unit Untan Adakan Acara Youth Volunter Camp Se-Kalimantan Barat

KSR PMI Unit Untan Adakan Acara Youth Volunter Camp Se-Kalimantan Barat

Gambar : Tampak tenda  yang di dalmnya ada beberapa pesetra yang sedang istirahat
Gambar : Tampak tenda yang di dalmnya ada beberapa pesetra yang sedang istirahat

Oleh Mariyadi

MABMonline.org, Pontianak–Korps Suka Rela (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) Unit Untan, Kamis (27/6), mengadakan Acara Youth Volunter Camp Se-Kalimantan Barat. Acara tersebut Adalah sebagai peringatan Hari Kesehatan dan Palang Merah Sedunia.

“Kegiatan ini sudah tiap tahun kita adakan,” Rozi memulai.

Acara ini adalah sebagai peringatan Hari Kesehatan dan Palang Merah Sedunia (HKPMS) yang tiap tahun kami adakan dan tahun ini sudah yang ke-13 kalinya.

“Acara ini bertema Mewujudkan Relawan yang Berperan Aktif Berinisiatif Tinggi dan Berjiwa Sosial Kemanusiaan,” ungkap Muhammad Rozzi  Hambali selaku ketua panitia.

Acara  yang diadakan selama satu minggu, dimulai pada 23 Juni s/d 28 Juni ini, bertemakan Mewujudkan Relawan yang Berperan Aktif Berinisiatif Tinggi dan Berjiwa Sosial Kemanusiaan  dan bertujuan  untuk mempertemukan para anggota PMR, dan meningkatkan solidaritas anggota PMR khusunya di Kalimantan Barat ini.

“Pesertanya sekitar 300 orang,” ungkap Rozi.

Menurut Rozi jumlah peserta semuanya terdiri dari 15 sekolah yang ikut dalam acara ini. pesertanya kita bagi dengan tim putra dan tim putri. Dihitung rata-rata sekitar 300  peserta dari Sekolah Menengah Atas (SMA) Se-Kalimantan Barat meskipun ada juga yang tidak mengirim pesertanya yaitu dari Sintang dan Ngabang.

“Kegiatanya ada lomba dan non lomba,” tambah Rozi

Menurut rozzi, kegiatan ini terbagi atas dua kegiatan, ada yang berbentuk lomba dan ada pula yang berbentuk non lomba. Acara lomba diantaranya lomba Pertolongan Pertama, Lomba Pembuatan Tandu, Lomba Melewati Halang Rintang, Lomba Asah Terampil seputar PMI, Lomba Pentas Seni, Desain Poster, Lomba Hasta Karya, dan  Pemilihan Duta PMI putra dan putri yang di isi dengan tanya jawab seputar PMI.

“Kita juga adakan Aksi Donor Darah,” ujar Rozi.

Rozi mengatakan acara non lomba di isi dengan acara Aksi Donor Darah, Perkemahan, Upacara Seremonial untuk memperingati hari palang merah, ada upacara penutupan sekaligus pembagian hadia pada para pemenang lomba, acara sosial yaitu mengadakan aksi sanitasi lingkungan di jalan media  yang juga dibantu oleh warga setempat.

“Untuk saat ini, kendalanya hanya kebersihan,” kata Rozi.

Rozzi menambahkan, air minum dan air bersih untuk mandi dan minum. Karena memang untuk dilapangan dan musim panas ini memang masalah air menjadi hal yang sangat wajar. Namun, kami selaku pantia selalu berusaha untuk mengurangi kendala tersebut.

Check Also

Sigondah: Meriam Dahsyat Peninggalan Kerajaan Mempawah

Oleh Kinanti Wulandari Hijau dan damai, kata yang dapat mewakili suasana di tempat ini. Suara burung-burung …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *