Home / Jurnalisme Warga / “Kue Mendut” Manis dan Nikmat

“Kue Mendut” Manis dan Nikmat

Oleh Marlina

MABMonline.org, Pontianak– Kue mendut merupakan satu di antara jajanan tradisional yang ada di Kalimantan Barat. Kue ini memiliki berbagai macam bentuk sesuai dengan bentuk yang diinginkan, ada yang berbentuk persegi panjang ada yang berbentuk kerucut dan banyak lagi bentuknya sesuai dengan keinginan si pembuat kue mendut ini.

“Kue ini dibungkus dengan daun pisang dan memiliki rasa yang manis karena di dalamnya mengandung campuran gula merah dan kelapa yang sudah disangrai,” tutur bu Yati menceritakan cara membuat kue mendut.

Sembari membelah pinang dan menggulung sirih lalu mengunyahnya kembali menjelaskan, “kuliner_kue_mendutKue ini terbuat dari tepung ketan yang sudah dihaluskan, gula pasir, kelapa parut yang sudah disangrai dan gula merah yang sudah dihaluskan serta dibungkus menggunakan daun pisang dan proses pemasakannya dengan cara dikukus. Proses pembuatan kue ini memakan waktu yang cukup lama.”

Adapun proses pembuatan kue mendut ini sebagai berikut, proses awal yang dilakukan yaitu menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Hal pertama yang dilakukan yaitu membuat isian dari kue ini, isian dari kue mendut ini adalah kelapa parut yang dicampur dengan gula merah. Sebelum kelapa parut dicampur dengan gula merah, kelapa parut terlebih dahulu disangrai sampai warna kelapa paurut berubah menjadi kuning keemasan. Setelah warna kelapa parut berubah menjadi kuning keemasan dan merata di semua bagian, kelapa parut akan mengeluarkan aroma yang wangi dan menggugah selera, setelah itu didinginkan baru dicampur dengan gula merah yang sudah dihaluskan.

Setelah proses pembuatan isian dari kue mendut selesai dibuat, kemudian proses pembuatan kue ini berlanjut pada tahap pembuatan adonan kue, pembuatan  adonan kue ini menggunakan tepung ketan dan air putih yang berfungsi sebagai pelarut dari adonan. Biasanya untuk menambah cantik warna adonan, kita dapat menambahkan pewarna makanan yang sesuai dengan keinginan kita agar adonan tampak lebih cantik dan berwarna.

Setelah adonan dan isian kue selesai dibuat, tibalah saatnya proses pembentukan kue mendut. Adonan kue mendut dibentuk sesuai selera, baik dalam bentuk persegi panjang maupun  dalam bentuk kerucut. Sebelum kue dibentuk sesuai keinginan kue terlebih dahulu dibuat dalam bentuk bola-bola, setelah dibentuk bola-bola kemudian tengah-tengah kue ini dibuat bolongan yang bertujuan untuk mengisi  isian dari kue mendut, isian kue yang berupa adonan dari kelapa parut dan gula merah tersebut dimasukan kedalam bolongan yang sudah dibuat tadi, kemudian adonan digulung-gulung kembali dibentuk sesuai selera dan dibungkus dengan daun pisang.

Setelah semua kue selesai dibentuk sesuai selera, kue lalu dimasak dengan cara dikukus. Setelah pengukusan selesai jadilah kue mendut yang memiliki rasa yang manis dan legit. Bila dimakan dalam keadaan yang masih hangat kue ini akan terasa lebih nikmat dengan rasa manis yang timbul dari isian kue yang berupa campuran dari kelapa parut dan gula merah yang memiliki rasa manis yang harum dan nikmat.

Check Also

Cornelis Harap Kafilah Kalbar Catat Prestasi di Tingkat Nasional

Tepat pukul delapan, Bupati Kubu Raya menyampaikan sambutannya. Samar-samar, Rusman Ali mengucapkan terima kasih atas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *