Home / Bahasa / LINGUIS AMERIKA JAMES T. COLLINS CERAMAH DI MABM

LINGUIS AMERIKA JAMES T. COLLINS CERAMAH DI MABM

Penulis Sabhan Rasyid dan Tan Erwin

Jim.f

MABMonline.org, Pontianak — Majelis Adat Budaya Melayu Kalimantan Barat (MABMKB) menggelar diskusi bulanan kemarin (23/4). Kegiatan yang mengusung tema “Bahasa Melayu di Kalimantan Barat: Perlunya Penelitian Empiris dan Kontemporer” ini menghadirkan pakar linguistik Amerika, yakni James T. Collins. Kegiatan yang dihadiri 47 orang tersebut berjalan dengan lancar dan penuh antusias dari peserta. “Saya mengucapkan terima kasih kepada panitia yang telah menyelenggarakan acara yang sangat bermanfaat ini,” ungkap seorang peserta diskusi.

Diskusi yang berlangsung tiga jam tersebut membahas secara mendalam bahasa Melayu di Borneo khususnya Kalbar. Perjalanan diskusi yang berselang sekitar tiga jam ini terasa panas oleh adanya pengetahuan-pengetahuan baru tentang bahasa Melayu yang dengn jelas dipaparkan pakar bahasa Melayu. Bahkan, Pak Jim begitu sapa orang kepadanya sangat bersemangat dan lantang dalam berceramah. “Linguis Amerika ini dengan semangat memaparkan secara detail bahasa Melayu, baik dari segi historis maupun penyebarannya di Kalbar dengan data-data yang meyakinkan,” ujar Marsita salah satu peserta yang hadir.

Mengacu pada tema yang diusung dalam diskusi tersebut, Pak Jim mengungkapkan bahwa penelitian secara empiris dan kontemporer sangat perlu dilakukan terhadap bahasa Melayu. Hal tersebut menurutnya akan mengubah citra Melayu dan kejelasan tentang penutur dan fungsi bahasa Melayu yang sesungguhnya.

“Penelitian empiris penting dilakukan untuk menampilkan profil bahasa Melayu di Kalbar yang sebenarnya,” ungkap Pak Jim dalam ceramahnya. Hal ini juga ditegaskan oleh Chairil selaku moderator, “Masih perlunya penelitian-penelitian empiris agar pengetahuan kita tentang bahasa Melayu menjadi lebih utuh.”

Selain penelitian empiris yang memang sudah pernah dilakukan beberapa peneliti dari Kalbar, Pak Jim mengungkapkan bahwa penelitian kontemporer juga perlu dilakukan. “Penelitian kontemporer dilakukan untuk melihat keterkaitan bahasa dengan bidang lain, seperti teknologi GPS, sosiologi, sejarah, demografi, sastra lisan, dan pendidikan Islam,” tambahnya saat berbicara dihadapan peserta.

Direktur Asia Tenggara di Northern Illinois University ini sudah sejak tahun 1969 berada di Indonesia. Ia mengungkapkan bahwa kita harus selalu melihat hubungan antara bahasa Melayu dan bahasa lain yang ada di Kalbar.

Diskusi bulanan MABM KAlbar yang juga dimoderatori Chairil Effendy selaku ketua MABMKB merupakan wadah membuka wawasan tentang Melayu bagi semua kalangan. Diskusi bulanan tersebut juga akan secara rutin dilakukan dengan bahasan terkait Melayu Kalbar. “Kegiatan ini akan rutin dilaksanakan, tidak hanya masalah bahasa, pembicaranya juga bergantung pada siapa yang bisa dan sempat memberikan ceramah,” ungkap Chairil saat diwawancarai.

Check Also

Tarian Tanda’ Sambas Wajib Dilestarikan Oleh Pemuda

Oleh Asmirizani MABMonline.org, Sambas— Workshop tarian Tanda’ Sambas dilaksanakan di pentas kantor Bupati Sambas pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *