Home / Beranda / Lomba Sampan Bidar, Bupati Kapuas Hulu Tonton Acara Sampai Akhir

Lomba Sampan Bidar, Bupati Kapuas Hulu Tonton Acara Sampai Akhir

 

DSC_0068

Oleh Mariyadi

MABMonline.org, Putussibau—A. M. Nasir, Bupati Kapuas Hulu dari awal sampai ahkir menyaksikan lomba sampan bidar di Sungai Kapuas, tepatnya di depan Rumah Dinas Bupati, Kedamin, Sabtu (20/12/14). Tidak hanya itu, secara simbolis ia melepas pendayung dari garis start dan menyerahkan piala kepada pemenang.

Pertandingan Sampan Bidar memang merupakan acara utama dari pihak pelaksana Festival Seni Budaya Melayu (FSBM) X. Hal tersebut terbukti dari antusias masyarakat yang sangat tinggi ditambah lagi dengan kehadiran Bupati Kapuas Hulu.

“Pertandingan sudah selesai, masing-masing pihak telah berlaga,” ungkap Nasir setelah pembagian hadiah.

Menurut Nasir, tujuh kontingen yang ikut bertanding dalam acara Lomba Sampan Bidar ini telah menunjukkan kekuatannya masing-masing. Nasir juga mengakui kualitas pendayung tiga daerah yang memperebutkan juara 1,2, dan 3, yakni Sambas, Kapuas Hulu, dan Mempawah. “Tiga daerah ini memang sama-sama kuat,” tambahnya.

Nasir mengatakan, kalah dan menang bukan menjadi tujuan sebenarnya dan tidak perlu dijadikan tolok ukur. Baginya yang terpenting, acara dapat terleksana dengan baik, dan lomba ini terus dapat dilestarikan.” Besok juga ada lomba Sampan Bidar, Piala Bupati,” pungkasnya.

Acara yang dimulai pukul 9.30 itu berakhir pada pukul 12.00. Adapun juara 1 dimenangkan oleh Kontingen Kabupaten Sambas, juara 2 dimenangkan pendayung dari Kabupaten Kapuas Hulu, juara 3 dimenangkan oleh kontingen Kabupaten Mempawah, juara 4 dimenangkan kontingen Kota Singkawang, juara 2 dimenangkan kontingen Kabupaten Sekadau, dan juara harapan 3 dimenangkan oleh Kontiengan Kabupaten Sintang.

 

Check Also

Tarian Tanda’ Sambas Wajib Dilestarikan Oleh Pemuda

Oleh Asmirizani MABMonline.org, Sambas— Workshop tarian Tanda’ Sambas dilaksanakan di pentas kantor Bupati Sambas pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *