Home / Beranda / Mabm Pamerkan Kerajinan Khas Kalbar

Mabm Pamerkan Kerajinan Khas Kalbar

Oleh Gusti Iwan

Stand Pameran MABM Kalimantan Barat
Stand Pameran MABM Kalimantan Barat

MABMonline.org, Tanjungpinang —  Pada Perhelatan Tamadun Melayu I di Tanjungpinang kemarin, Majelis Adat Budaya Melayu Kalimantan Barat (MABMKB) mempersiapkan stand pameran yang memamerkan foto kegiatan MABMKB dan berbagai hasil kerajinan masyarakat yang berasal dari beberapa kabupaten/kota di Kalimantan Barat.

Kain corak insang dengan tenun benang emas khas kota Pontianak, kain tenun khas kabupaten Sintang, hiasan dinding berbentuk tudung saji khas kabupaten Landak, kain songket khas kabupaten Sambas dan berbagai barang kerajinan lainnya dipamerkan di stand MABM Kalimantan Barat.

Cukup banyak warga yang berkunjung melihat-lihat atau bahkan membeli hasil kerajinan yang dipamerkan di stand MABMKB. Stand pameran ini secara tidak langsung juga menjadi ajang silaturahmi bagi warga Kalimantan Barat. Beberapa diantaranya merupakan warga Kalimantan Barat yang telah merantau ke Tanjungpinang, ada diantaranya yang berasal dari kabupaten Sambas, Mempawah dan Pontianak.
“Saya juga merupakan warga keturunan dari Sambas, kakek dan nenek saya berasal dari Sambas. Orang tua saya merantau ke Tanjungpinang sudah cukup lama. Kami dibesarkan di Tanjungpinang ini lah,” cerita ibu Uray, didampingi anaknya usai membeli kain khas Sambas.

Tokoh masyarakat Kepulauan Riau yang juga Ketua Umum Dewan Mesjid Indonesia (DMI) Provinsi Kepulauan Riau, H. Huzrin Hood, SH, juga turut menyempatkan diri mengunjungi stand pameran MABM Kalimantan Barat. Sambil melihat-lihat stand pameran, Huzrin Hood terlihat berbincang dengan Chairil Effendy, Ketua Umum MABM Kalimantan Barat.

Check Also

Sultan Hamid II, Sang Perancang Lambang Negara yang Terlupakan

Oleh: Nur Iskandar Tepat di hari Kartini, (21/4), Seminar Nasional Meluruskan Sejarah Sultan Hamid Sebagai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *