Home / Beranda / “MABM Peduli” Sambangi Ponpes di Kubu Raya

“MABM Peduli” Sambangi Ponpes di Kubu Raya

oleh Sabhan Rasyid dan Tan Erwin

mabm, ketua umum, ponpes

Kubu Raya, MABMonline.org – Dua mobil berpacu melintasi butiran batu. Di tengah kegiatan perbaikan jalan, sejumlah pengurus MABM Kalbar bergerak ke arah tujuan: Yayasan Pondok Pesantren  Hidayatul Muslimin 2 Kubu Raya. Kedatangan beberapa orang pengurus bertujuan untuk menyerahkan bantuan kepada para santri di yayasan tersebut. Pengurus MABM langsung disambut pembina yayasan yang terletak di Parit Pak Reweng Kubu Raya tersebut, usai salat Jum’at (2/8).

Kunjungan yang digalang pengurus Majelis Adat Budaya Melayu ini, selain masih berkaitan dengan momentum bulan suci Ramadan juga bertujuan untuk lebih menggalakkan kegiatan amal dan sosial. Bantuan yang disalurkan berupa sembako, kasur, bantal, uang, dan beberapa bahan bangunan untuk perbaikan fasilitas yayasan. “Ini sebagai bentuk nyata MABM peduli dan berbagi,” ujar Chairil Effendy, Ketua Umum MABM Kalbar.

Panti Asuhan Hidayatul Muslimin 2 ini memiliki asrama putra dan putri. Ada sekitar 70 anak asuh. Para santri tersebut berasal dari berbagai daerah dan suku. “Santri di sini berasal dari beragam daerah dan suku. Ada dari Sintang, Pahuman, Kayong, Terentang, Jawai, dan bemacam-macam suku, seperti Melayu, Dayak, dan Jawa,” ungkap Muntaba, pembina yayasan.

mabm-peduliDijelaskan Muntaba, bantuan kepada yayasan ini memang selalu ada meskipun tidak rutin. Bantuan yang paling sering adalah berupa sembako. “Kami memerlukan sembako, kasur, bantal, lemari pakaian, dan  yang mendesak, renovasi plafon asrama putra,” ujar Muntaba saat berdialog dengan pengurus MABM Kalbar dan redaksi MABMonline.org.

Muntaba lebih lanjut mengungkapkan bahwa anak-anak di asrama putra tidur beralaskan tikar. Kehadiran pengurus MABM kali ini dirasakan pihak yayasan sebagai sebuah berkah yang sangat baik. “Kami merasa bersyukur sekali ada bantuan seperti ini khususnya adanya perbaikan untuk asrama putra,” tambah Muntaba.

Chairil mengungkapkan, sebelumnya memang meminta pengurus MABM untuk survei ke panti yang ada di Desa Kapur, Pak Reweng. Berdasarkan survei itu, Ketua MABM Kalbar ini lalu menggalang donasi. “Sekarang kita bawa kasur, bantal, GRC, sembako, dan sejumlah uang untuk kepentingan Pondok Pesantren dan Panti Asuhan Hidayatul Muslimin 2,” lanjut tokoh yang hobi tenis ini.

“Insya Allah ini bukan yang terakhir, akan ada aksi sosial berkelanjutan yang akan kita lakukan bersama pengurus MABM,” ujar Chairil Effendy saat menyerahkan bantuan. “Alhamdulillah, bantuan MABM Kalbar sesuai dengan yang kami harapkan, tripleks bisa untuk memperbaiki plafon yang rusak,” ujar Muntaba, pembina panti saat menerima tripleks dan sejumlah uang yang diserahkan Chairil Effendy, Ketum MABM Kalbar.

Kegiatan amal ini diharapkan tidak berhenti di bulan Ramadan ini, tetapi akan berlanjut di waktu selanjutnya. “Doakan saja semoga kami bisa berkunjung lagi ke sini dan memberikan manfaat,” pungkas mantan rektor Untan ini.

Check Also

Jepin Tali Bintang Pontianak Juara Tangkai Jepin

mabmonline.org , Sekadau – Jepin Tali Bintang yang dibawakan oleh grup jepin dari MABM Pontianak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *