Home / headline / Maksimalkan Capaian Sasaran, Untan Sosialisasikan SNMPTN

Maksimalkan Capaian Sasaran, Untan Sosialisasikan SNMPTN

Beberapa guru sedang mengikuti sosialisasi. FOTO: MARIYADI
Beberapa guru sedang mengikuti sosialisasi. FOTO: MARIYADI

oleh Mariyadi

mabmonline.org, Pontianak—Tidak lama lagi, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) akan dilaksanakan. Agar maksimal, panitia SNMPT Universitas Tanjungpura (Untan) melakukan sosialisasi pada guru-guru dan beberapa elemen lainnya di Gedung Auditorium Untan, Kamis (4/2/16).

“Kita harus melaksanakan seleksi secara berkeadilan, transparan, dan objektif,” ungkap Aswandi, Wakil Rektor I Untan saat memberi kata sambutan.

Aswandi mengatakan, seleksi yang dilaksanakan haruslah benar-benar tepat. Mahasiswa yang terpilih (terutama program bidikmisi) benar-benar diserahkan kepada calon mahasiswa yang berhak atau yang benar-benar membutuhkan bantuan untuk biaya studinya.

“Alhamdulillah, selama ini, seleksi penerimaan mahasiswa semakin baik,” tambah Aswandi.

Kata Aswandi, beberapa tahun lalu, mereka kerap didatangi orang-orang tua yang ingin memasukkan anaknya dengan cara tidak baik. Dan mereka bisa mengatasi hal tersebut karena sistem penerimaan yang diterapkan oleh menteri semakin baik. Jadi, hal-hal tersebut bisa dihindari. Ia juga mengatakan bahwa penerimaan mahasiswa di Untan sempat dipuji oleh menteri pendidikan periode lalu karena memang tepat sasaran.

“Kami dari pihak sekolah telah mencoba untuk mengirim. Dan kita ikuti segala petunjuk pengiriman yang telah ada,” ungkap Syarifudin, Kepala Sekolah SMAN 2 Seponti, Kayong Utara.

Menurut Syarifudin, Pihaknya telah menseleksi benar siswa-siswa yang pernah mereka ikutkan dalam dua jalur penerimaan yakni SBMPTN dan bidikmisi. Mereka juga telah sangat teliti dalam proses pengiriman Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

“Tahun lalu, dari SMAN 2 Seponti ada memasukkan 18 orang untuk bidikmisi namun tidak lulus,” tambah Syarifudin.

Menurut Syarifudin, tahun lalu mereka mengirim 18 orang. PDSS yang dikirim memang benar-benar data asli tanpa ada sedikit pun tambahan. Namun, semua siswa tersebut tidak lulus Seleksi di Comdev Untan.

“Tahun ini data pasti kita akan coba masukkan 12 orang. Harapan bisa lulus semua 12 orang karena memang telah mengikuti syarat-syarat yang diminta,” pungkas Syarifudin.

 

 

Check Also

Memperkenalkan Upacara Adat Melayu dari Setiap Daerah di Ekshibisi Adat

mabmonline.org , Sekadau – Ekshibisi upacara adat Melayu yang diikuti enam kontingen telah terlaksana di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *