Home / Beranda / MABM Adakan Rapat Kerja Pusat 2013 di Singkawang

MABM Adakan Rapat Kerja Pusat 2013 di Singkawang

Penulis Mariyadi

MABMonline.org, Pontianak — Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) Kalimantan Barat (Kalbar) akan mengadakan Rapat Kerja Pusat (Rakerpus) yang pertama pada 26–28 April 2013 mendatang di Hotel Dango Singkawang. Acara tersebut bertemakan “Samakan persepsi wujudkan Visi dan Misi”. “Tahun 2013 ini adalah rakerpus yang pertama setelah Musyawarah Besar ke-4 MABM,” kata Budiman Tahir, ketua panitia acara.

Budiman menambahkan, Rakerpus ini merupakan amanah AD/ART setelah Mubes ke-4 yang bertujuan untuk menyusun program kerja tahunan MABM. Acara ini diikuti seluruh pengurus MABM kota dan kabupaten yang terdiri atas ketua DPP, Dewan Pemangku Adat, Dewan Penasihat, dan Dewan Pengurus Harian MABM dengan total 110 peserta.

“Sesuai dengan Visi dan Misi MABM, kita akan membuka akses melalui website,” tambah Budiman.

Menurut Budiman, satu diantara visi dan misi MABM untuk memperkenalkan masyarakat Melayu dan kebudayaan Kalbar di ranah nasional dan internasional maka kita akan membuka akses melalui website. Kita juga akan  melakukan diklat singkat mengenai teknologi informasi kepada  setiap MABM kota dan kabupaten. “Sampai hari ini persiapan mencapai 85% dan tinggal tek saja,” ungkap Budiman dengan tutur khasnya.

Materi untuk acara sudah siap, dari kabupaten dan kota juga telah mendaftarkan nama-nama peserta yang akan mengikuti acara. “Kita  juga sudah survei ke lapangan. Insyaalah acaranya akan dibuka langsung oleh Wali kota Singkawang dan kota Singkawang akan berpartisipasi menampilkan seni dan budaya mereka,” ujar Budiman.

Rangkaian acara dimulai tanggal 26 diawali dengan registrasi peserta dan langsung dibuka oleh Awang Ishak selaku Wali Kota Singkawang dan dilanjutkan dengan presentasi dari DPP Sambas mengenai kesiapan acara Festival Seni Budaya Melayu 2013 karena Sambas akan menjadi tuan rumah dalam acara tersebut. Selanjutnya pada tanggal 27 April acara diisi dengan sidang rapat kerja pusat dan diakhiri pada Ahad malam oleh Ketua Umum MABMKB. “Mudah-mudahan tiada hambatan dan langsung ditutup oleh ketua umum MABM,” tegas Budiman.

“Diharapkan di dalam acara rakerpus ini akan keluarlah program prioritas untuk kita legalitaskan pada program 2013–2014 ini,” ujar Budiman. Selaku ketua panitia, Budiman optimis pada Rakerpus 2013 ini persepsi seluruh peserta akan sama, dan kebersamaan akan terbangun dalam sistem kekeluargaan karena inilah karakter Melayu, yaitu musyawarah untuk  mufakat.

Check Also

Tarian Tanda’ Sambas Wajib Dilestarikan Oleh Pemuda

Oleh Asmirizani MABMonline.org, Sambas— Workshop tarian Tanda’ Sambas dilaksanakan di pentas kantor Bupati Sambas pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *