Home / Beranda / Marak Modus Penipuan Baru via BBM

Marak Modus Penipuan Baru via BBM

Oleh Mariyadi

mambmoline.org, Pontianak—Perkembangan zaman melesat dari tahun ke tahun. Termasuklah perkembangan media jejaring sosial. Satu di antaranya adalah Black Berry Messengger (BBM). Namun, sejalan dengan perkembangan itu pula, pengguna BBM harus berhati-hati. Pasalnya, penipuan baru via BBM sedang marak.

Seperti yang dialami Nilam (20), seorang mahasiswi asal Sambas yang memanfaatkan media sosial BBM untuk berjualan. Baru-baru ini, akun miliknya di hack orang yang tidak bertanggung jawab.

Bukti-bukti penipuan. Foto: Nilam Sari.
Bukti-bukti penipuan. Foto: Dokumentasi Nilam Sari

“Pas buka BBM, akun saya sudah keluar. Pas diinput email dan pasword tidak bisa. Passwordnya salah,” tutur Nilam di kediamannya di Sambas.

Menurut Nilam, akun BBM yang ia gunakan untuk berjualan tiba-tiba mengirim broadcast permintaan pulsa ke seluruh kontak yang ada. Pagi-pagi, semua teman-teman yang ada dalam kontak Nilam menelpon untuk mengkonfirmasi hal tersebut.

“Untung tidak ada yang mengisikan pulsa karena mereka mau menelpon dulu. Termasuk kepala sekolah saya dulu, juga menelpon,” ujar Nilam.

Saat ini, Nilam memulai kembali bisnisnya. Namun, BBM yang dulu ia pakai sebagai media promosi tidak dapat digunakan lagi. Semua kontak yang ada telah hilang.

Begitulah cerita Nilam yang akunnya dibajak oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Kejadian ini adalah pelajaran bagi kita semua. Bagi pengguna BBM yang lain, harap waspada. Jika telah terjadi hal tersebut, cepat-cepatlah dilaporkan ke pihak kepolisian, atau melalui jalur online ke http://www.laporpolisi.com.

Check Also

Cornelis Harap Kafilah Kalbar Catat Prestasi di Tingkat Nasional

Tepat pukul delapan, Bupati Kubu Raya menyampaikan sambutannya. Samar-samar, Rusman Ali mengucapkan terima kasih atas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *