Home / Jurnalisme Warga / Maret Mendatang, Indonesia akan Dikejutkan Gerhana Matahari Total

Maret Mendatang, Indonesia akan Dikejutkan Gerhana Matahari Total

Oleh Mariyadi

mabmonline.org, Pontianak—pada 9 Maret 2015 nanti, matahari akan mengalami gerhana total. Maka dari itu, pada siang hari, beberapa bagian Indonesia akan gelap pada beberapa waktu. Total daerah yang berdampak adalah 45 kota di 12 provinsi di Indonesia.

Menurut data yang dilansir di http://www.bmkg.go.id, lama gerhana bulan paling lama terjadi selama 3 menit. Hal tersebut terjadi di daerah timur Maba, Maluku Utara, yaitu 3 menit 19,5 detik dengan magnitudo gerhana sebesar 1,019. Lokasi-lokasi yang terlewati jalur totalitas tersebut akan meredup, hingga seperti saat fajar atau senja. Puncak keredupannya adalah saat terjadinya Puncak Gerhana, yaitu waktu di tengah-tengah fasetotalitas ini. Pada saat puncak gerhana terjadi, akan tampak cahaya redup di sekitar Matahari, yangdisebut sebagai korona atau mahkota Matahari.

Fenomena gerhana bulan adalah fenomena yang terjadi beratus-ratus tahun. Tahun ini, kita masih dapat menikmatinya. Menurut data http://www.bmkg.go.id, akan terjadi lima jenis gerhana pada tahun ini yakni : Pertama, Gerhana Matahari Total (GMT) 9 Maret 2016 yang dapat diamati dari Indonesia. Kedua, Gerhana Bulan Penumbra (GBP) 23 Maret 2016 yang diamati dari Indonesia. ketiga, Gerhana Bulan Penumbra (GBP) 18 Agustus 2016 yang diamati dari Indonesia. Keempat, Gerhana Matahari Cincin (GMC) 1 September 2016 yang tidak dapat diamati dari Indonesia. Kelima, Gerhana Bulan Penumbra (GBP) 16-17 September 2016 yang dapat diamati dari Indonesia.

Check Also

Sigondah: Meriam Dahsyat Peninggalan Kerajaan Mempawah

Oleh Kinanti Wulandari Hijau dan damai, kata yang dapat mewakili suasana di tempat ini. Suara burung-burung …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *