Home / FSBM XII / Masyarakat Sekadau Sejak Lama Idamkan Ajang Budaya

Masyarakat Sekadau Sejak Lama Idamkan Ajang Budaya

mabmonline.org—Antusias masyarakat selama Festival Seni Budaya Melayu (FSBM) XII sangat tinggi. Hal tersebut dikarenakan masyarakat memang sejak dulu telah menunggu ajang budaya seperti FSBM ini. Terutama lomba sampan yang selalu ramai oleh kehadiran masyarakat.

Gusti Eka Firmanda (28) mengatakan bahwa ia memang telah sejak lama menginginkan adanya pergelaran budaya seperti FSBM ini. Setiap agenda yang berkenaan dengan budaya daerah pasti akan ramai terutama pada lomba perahu.

“Warga Sekadau itu senang dengan agenda-agenda seperti ini. Inilah, ajang Melayu untuk mengenalkan diri,” ungkap Eka diwawancarai disela kegiatan pemilihan bujang dare di aula Tanjung Island, Jalan Merdeka Tumur Km.2

Eka mengatakan, agenda lomba yang paling disenangi masyarakat adalah lomba perahu. Animo masyarakat terhadap lomba tersebut mengalahkan penyelenggaraan sepak bola. Biasanya ratusan perahu yang ikut yang diselenggarakan dari pagi hingga sore hari.

“Kita ini Melayu kan memang dekat dengan perahu. Dan rata-rata masyarakat di sini punya perahu. Transportasi pun masih ada yang menggunakan perahu,” kata Eka.

Menurut Eka, ada permainan yang berkenaan dengan perahu yang sejak dahulu telah dilaksanakan di sungai yakni perang meriam karbit. Biasanya pemuda-pemuda dari masing-masing daratan akan berperang menggunakan meriam yang dibawa di dalam perahu.

“Sejak saya kecil lomba itu telah ada. Pernah dilaksanakan baru-baru ini,” tambah Gusti.

Gusti berharap event seperti ini dapat terus terselengara. Selian dapat mengenalkan budaya Melayu ke khalayak ramai, juga bisa sebagai pengisi kegiatan positif bagi anak muda sehingga pengaruh-pengaruh negatif dapat dihindari.

Rasa antusiasme tinggi juga dirasakan oleh Saimin (47). Ia mengatakan sangat senang dengan event-event budaya seperti yang FSBM ini terutama lomba perahu. Ia mengatakan mulai dari beberapa tahun lalu hingga sekarang lomba perahu sangat digemari masyarakat. Buktinya masyarakat selalu tumpah ruah ketika lomba tersebut diadakan.

“Ia kita sebagai masyarakat pun senang dengan kegiatan seperti ini,” pungkas bapak dua anak itu.

Check Also

Antusias Perempuan Melayu Mengikuti Ekshibisi Masakan Melayu

mabmonline.org , Sekadau – Ekshibisi masakan melayu diikuti perempuan melayu dari delapan MABM kabupaten di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *