Home / Beranda / Membuat Film Pendek Berhadiah 5 Juta Rupiah

Membuat Film Pendek Berhadiah 5 Juta Rupiah

BritishCultureLearningCentre_Untanoleh: Mardhiyah Harahap

Dalam rangka ulang tahun pertama, BCLC (British Culture and Learning Centre) Untan mengadakan lomba pembuatan film pendek. Tema lomba film pendek ini adalah “Pembangunan Karakter”. Hadiah yang ditawarkan sangat menggiurkan. Juara pertama akan mendapatkan uang tunai senilai 2 juta rupiah, juara 2 1,5 juta rupiah, dan juara 3 satu juta rupiah sedangkan juara favorit lima ratus ribu rupiah.

Ibnu S. Nugraha, selaku ketua panitia penyelenggara mengatakan lomba ini terbuka bagi semua pelajar, mahasiswa maupun umum. Yang tidak berdomisili di Pontianak juga bisa ikut, karena akan disediakan formulir online. “Untuk yang berada di Pontianak, jika berminat bisa mendaftar langsung ke BCLC Untan yang ada di lantai 2 gedung UPT Perpustakaan Untan,” jelas Ibnu.

Ia melanjutkan bahwa peserta tidak ditarik biaya apapun untuk registrasi. Bahkan kalau mau membuat film nya membentuk tim juga boleh. Tinggal hadiahnya saja yang dibagi rata sesama anggota tim. Pendaftaran paling lambat hingga tanggal 30 Maret 2014. “Kita sengaja tidak memungut biaya registrasi dan tidak mencari keuntungan apapun dari menyelenggarakan lomba ini, murni karena kita ingin masyarakat sadar bahwa character building itu penting,” terang Ibnu.

Berikut syarat-syarat film pendek yang akan diperhitungkan untuk menjadi juara: Film harus dalam bahasa Inggris (genre bebas); Durasi film pendek 10-15 menit, sudah termasuk pembukaan, penutupan dsb; Film haruslah asli, bukan saduran dari manapun, dan belum pernah diikut lombakan dalam kompetisi lainnya; Diperbolehkan menggunakan kamera apapun dalam pembuatan film, termasuk kamera hp; 1 orang atau 1 tim, hanya boleh mengikutlombakan 1 film saja; Film harus sudah diterima pihak BCLC paling lambat pada hari Senin, 5 Mei 2014 pada pukul 16.00. Film sudah dikemas dalam DVD ataupun file yang sudah fix bisa berupa .avi, .flv ataupun .mp4.

Kriteria penilaian akan didasarkan pada keaslian/orisinalitas film, kejelasan cerita dan keterampilan dalam pembuatan film seperti kualitas gambar apakah sudah stabil atau masih goyang, fokus gambar yang dihasilkan dsb. “Sejauh ini baru sekitar 5 tim yang mendaftar,” lanjut Ibnu menutup pembicaraan.

Jadi, tunggu apalagi, waktu pendaftaran masih ada 9 hari, deadline pengumpulan juga masih lama, peserta yang mendaftar belum begitu banyak, sehingga kesempatan anda untuk memenangkan lomba ini pun masih terbuka lebar. Semoga andalah juaranya!

Check Also

Cornelis Harap Kafilah Kalbar Catat Prestasi di Tingkat Nasional

Tepat pukul delapan, Bupati Kubu Raya menyampaikan sambutannya. Samar-samar, Rusman Ali mengucapkan terima kasih atas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *